Kamis 04 Mar 2021 03:48 WIB

India -Sumut Jajaki Peningkatan Kerja Sama Sektor Pariwisata

Objek wisata Sumut dijadikan lokasi "shooting" film-film India.

India -Sumut Jajaki Peningkatan Kerja Sama Sektor Pariwisata (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
India -Sumut Jajaki Peningkatan Kerja Sama Sektor Pariwisata (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,MEDAN -- Pemerintah India dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menjajaki peningkatan kerja sama di berbagai bidang khususnya sektor pariwisata.

"Penjajakan peningkatan kerja sama itu dibicarakan dalam pertemuan dengan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti di Medan, Rabu," ujar Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, Rabu (3/3).

Menurut Ijeck, panggilan akrab Musa Rajekshah, ada beberapa sektor yang berpeluang besar untuk dikerjasamakan Pemprov Sumut dengan India. Mulai sektor perdagangan, pendidikan dan pariwisata yang semakin dilirik India.

"India misalnya menawari kerja sama bidang pariwisata dimana objek wisata Sumut dijadikan lokasi "shooting" film-film India, "ujarnya usai bertemu dengan pihak pemerintah India di rumah dinas .

 

Selain pariwisata, India misalnya menawarkan program beasiswa untuk mahasiswa dan jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN). "Kerja sama di bidang pariwisata itu tentu saja sangat didukung karena Sumut memang sedang fokus meningkatkan potensi pariwisata dan SDM (sumber daya manusia)," ujar Ijek.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti, menyebutkan, Indonesia adalah salah satu mitra penting dan strategis bagi India dalam bidang kerja sama politik, kelautan, dan ekonomi, "Di Indonesia, Sumut merupakan salah satu provinsi yang dinilai sangat potensial sehingga India merasa penting untuk menjajaki berbagai kerja sama," katanya.

Selain sektor perdagangan yang sudah terbukti dengan hasil industri sawit dan berbagai komoditas seperti pinang, India tertarik bekerjasama di bidang pariwisata, pendidikan dan bahkan infrastruktur. "Pembangunan infrastruktur di Sumut cukup pesat dan India memiliki perusahaan yang berkompeten di bidangnya," ujarnya.

Manoj juga mengakui potensi pariwisata Sumut cukup besar.Objek wisata Sumut, katanya, bisa menjadi salah satu lokasi dalam film India sehingga jumlah wisatawan Sumut dan India bisa sama-sama meningkat.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement