Kamis 04 Mar 2021 13:44 WIB

Strategi MNC Bank Jadi Bank Digital

Digitalisasi merupakan alat utama MNC Bank untuk bersaing di industri perbankan.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolandha
Seorang nasabah menabung di MNC Bank.
Foto: Istimewa
Seorang nasabah menabung di MNC Bank.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank MNC Internasional Tbk akan segera merealisasikan rencananya untuk bertransformasi menjadi bank digital. Emiten berkode saham BABP itu pun telah menyiapkan sejumlah strategi untuk bisa menjadi bank digital. 

MNC Bank berkomitmen untuk melakukan pengembangan Teknologi Informasi (TI) dalam mewujudkan ekosistem digital banking yang berorientasikan kebutuhan nasabah serta efisiensi proses perbankan. Digitalisasi merupakan alat utama untuk bersaing dan mengembangkan bisnisnya di industri perbankan. 

Baca Juga

"Saat ini proyek-proyek berbasis TI difokuskan untuk mendigitalisasi produk perbankan dan juga proses bisnis guna mencapai target pertumbuhan dan pelayanan terbaik bagi nasabah," kata IT Group Head MNC Bank Paulusman Wibowo melalui keterangan resmi, Rabu (3/3).

Paulusman sendiri memiliki pengalaman ekstensif lebih dari dua dekade di bidang IT dan perbankan, sehingga dipercaya menjadi salah satu penggerak transformasi digital MNC Bank. Menurut Paul, TI bukan hanya sekadar menjadi fungsi support terhadap operasional Bank, namun komponen pemberdaya dalam mendukung pencapaian kinerja perusahaan, termasuk dalam mewujudkan visi dan misi Bank.

Paul melanjutkan, BABP mempunyai visi untuk menjadi Bank masa depan yang berlandaskan teknologi terkini. Karena itu, proses transformasi Bank menuju digital banking berjalan dengan sangat terencana. 

Transformasi tersebut dikawal dengan kebijakan, proses, dan prosedur manajemen risiko TI yang andal, serta didukung oleh para staf TI yang profesional. Salah satu hasilnya yang dapat dirasakan langsung oleh nasabah adalah aplikasi integrated banking solution untuk smartphone bernama Motion yang diluncurkan pertengahan Agustus 2020.

Aplikasi yang dapat diunduh pada appstore maupun playstore tersebut, menawarkan berbagai kemudahan dalam bertransaksi sesuai kebutuhan nasabah. Seperti proses aktivasi yang cukup dilakukan dari smartphone saja, tanpa perlu ke cabang ataupun ATM terdekat. 

Sebagai integrated banking solution, baik nasabah yang mempunyai Kartu Debit MNC Bank maupun Kartu Kredit MNC Bank dapat menggunakan Motion untuk berbagai transaksi dan informasi mulai tabungan sampai kartu kredit. 

"Kenyamanan dalam bertransaksi juga didukung keamanan maksimal, berkat biometric login hingga mitigasi yang berlapis, sehingga transaksi senantiasa berjalan dengan aman dan nyaman dimanapun dan kapanpun," tutur Paul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement