3 Ramadhan 1442

KBIHU Ulul Albaab Sambut Baik Muzakarah Persiapan Haji

Kamis , 04 Mar 2021, 15:02 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
KBIHU Ulul Albaab Sambut Baik Muzakarah Persiapan Haji (ilustrasi).
KBIHU Ulul Albaab Sambut Baik Muzakarah Persiapan Haji (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) dalam waktu dekat akan menggelar muzakarah untuk mengkaji persiapan penyelenggaraan haji di masa pandemi Covid-19. Dalam muzakarah ini rencananya akan mengundang pihak terkait yang berkepentingan haji dan umrah.

Pemilik Kelompok Bimbingan Haji Umrah (KBIHU) Ulul Albaab Tangerang Banten H Yana Hadiansyah mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan tersebut baik sehingga perlu didukung.

"Masya Allah kegiatan baik yang akan diselenggarakan oleh Kemanag," kata H Yana Hadiansyah saat dihubungi Republika, kemarin.

H Yana Hadiansyah menyarankan agar muzakaroh nantinya dikonsentrasikan terhadap kebijakan yang dikeluarkan Arab Saudi mulai dari masalah usia, kesehatan jamaah, kewajiban vaksin dah masalah-masalah lain yang mendukung penyelenggaraan haji di masa pandemi.

"Mohon diutamakan faktor usia untuk keberangkatan haji. Jika berkenan dari usia lanjut namun sehat turun ke usia muda dan juga sehat," katanya menyarankan.

H Yana yakin vaksinasi terhadap jamaah pasti menjadi syarat keberangkatan ibadah haji di masa pandemi. Untuk itu calon jamaah haji yang memiliki jadwal keberangkatan tahun ini harus sudah divaksi.

"Segeralah vaksin Covid-19 diberikan keada calon jamaah haji karena selama ini belum tersentuh di banding yang lain," katanya.

Menurutnya, informasi-informasi yang akan menggembirakan calon jamaah haji sangat ditunggu oleh masyarakat terutama calon jamaah haji. Informasi yang ditunggu calon jamaah itu baik yang berkaitan dengan regulasi atau di luar regulasi.

"Dan informasi lainnya, dalam rangka pembinaan psykologis calon jamaah haji," katanya.

H Yana mengatakan, ibadah haji terbagi dengan tiga fase. Pertama sebelum keberangkatan (Qoblal Haj ). Dalam fase awal ini hal terpenting adalah informasi mengenai kesehatan, wawasan haji dan  keterangan dari sebuah informasi yang valid.

Kedua ketika pelaksanaan haji (Indal Haj). Haji tahun ini sangat berbeda yang tentu banyak hal yang harus seger diiformasikan, sebagai bentuk pembinaan dari pemilik regulasi. Kedua Ba'dal Haj (Kepulangan dari Haji).

"Kami KBIHU sebagai partner Kemenag, sangat siap untuk menyampaikan edukasi kepada jamaah calon haji," katanya.

 

widget->kurs();?>