Kamis 04 Mar 2021 19:01 WIB

Kapuskes Haji: 173 Ribu Calhaj Prioritas Vaksinasi

Calon jamaah ini nantinya divaksin sesuai dengan skema nasional.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Kapuskes Haji: 173 Ribu Calhaj Prioritas Vaksinasi. Warga lanjut usia (lansia) di lingkungan RW 04, Kelurahan Sunter Jaya mengikuti vaksinasi vaksin covid 19 di SD Negeri 01, 03 dan 05 Sunter Jaya Jakarta Utara, Kamis (4/3).  Warga lansia sangat antusias untuk mendapatkan vaksinasi Covid 19 ini. Foto: darmawan/republika.
Foto: REPUBLIKA
Kapuskes Haji: 173 Ribu Calhaj Prioritas Vaksinasi. Warga lanjut usia (lansia) di lingkungan RW 04, Kelurahan Sunter Jaya mengikuti vaksinasi vaksin covid 19 di SD Negeri 01, 03 dan 05 Sunter Jaya Jakarta Utara, Kamis (4/3). Warga lansia sangat antusias untuk mendapatkan vaksinasi Covid 19 ini. Foto: darmawan/republika.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kerajaan Arab Saudi mengeluarkan pernyataan sedang mempertimbangkan mewajibkan jamaah haji mendapat vaksin Covid-19.

Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Eka Jusuf Singka menyebut hingga saat ini 173 ribu calon jamaah haji telah masuk daftar prioritas vaksinasi Covid-19.

Baca Juga

"Sebanyak 158.871 jamaah haji reguler, 14.289 jamaah haji khusus. Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang ada NIK juga sudah masuk datanya ke kami," ujarnya saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (4/3).

Ia lantas menyebut ratusan ribu calon jamaah ini nantinya divaksin sesuai dengan skema nasional. Saat ini, pemerintah sedang memprioritaskan kelompok lanjut usia (lansia).

Jika vaksinasi terhadap kelompok lansia ini selesai, selanjutnya akan beralih ke kelompok rentan. Jamaah haji dari Indonesia sebagian besar masuk dalam kelompok lansia dan rentan.

Usia di bawah 60 tahun disebut masuk dalam kelompok rentan. Sehingga, dengan adanya skema nasional ini disebut tidak ada yang perlu dikhawatirkan terlepas dari jamaah tersebut jadi berangkat atau tidak.

"Vaksin adalah salah satu upaya preventif terhadap penyakit infeksi menular. Saat ini, Indonesia sedang berupaya keras melindungi rakyatnya dari proses transmisi penyakit Covid-19 melalui vaksinasi," kata Eka.

Ia juga menyebut saat ini hampir semua negara menganjurkan rakyatnya melakukan vaksinasi. Adalah hal yang wajar jika Arab Saudi meminta seluruh negara yang akan mengirimkan jamaahnya berhaji untuk divaksinasi.

Kewajiban vaksinasi Covid-19 ini disebut sama dengan vaksinasi meningitis. Vaksin tersebut wajib diberikan kepada jamaah yang akan berangkat ke Saudi, baik untuk menjalankan ibadah haji maupun umroh.

photo
Eka Jusup Singka Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Republik Indonesia - (istimewa)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement