Selasa 20 Apr 2021 10:11 WIB

5 Fakta Penting Terkait Sholat Dhuha

Sholat Dhuha juga disunahkan untuk sholat sendiri.

Foto: republika
Lima fakta penting tentang sholat Dhuha.

REPUBLIKA.CO.ID, 5 Fakta Penting Terkait Sholat Dhuha

Sholat Dhuha adalah salah satu sunah yang dianjurkan. Ada beberapa hal yang perlu diketahui terkait sholat Dhuha menurut ulama mazhab. Ustadz Muhammad Ajib dari Rumah Fiqih menjelaskan beberapa hal sebagai berikut:

> Hukum

Menurut mayoritas ulama empat mahzab hukumnya sunnah muakkadah.  

> Waktu

Waktu pelaksanaan sholat Dhuha cukup panjang. Sejak mulai ketika matahari sudah terbit sempurna bulatannya sampai menjelang azan Zhuhur. Misal pukul 06.15 WIB (matahari sudah bulat) dan sebelum azan Zhuhur maksimal 12.00. 

> Pelaksanaan

Sholat Dhuha juga disunnahkan untuk sholat sendiri. Namun, jika ingin mengerjakan secara berjamaah, juga dibolehkan dan tidak makruh.  

> Rakaat

Minimal dua rakaat. Namun, para ulama berbeda pendapat dalam  menentukan jumlah maksimal rakaat sholat Dhuha. Mayoritas ulama, terkhusus Syafii, maksimal delapan rakaat. Sebagian 12 rakaat (Imam Ar-Rafi’i dan ar-Ruyani). Paling afdhal empat rakaat (Imam an-Nawawi).

> Teknis

Dua rakaat salam, dua rakaat salam. Bacaan yang dianjurkan untuk dibaca adalah surat as-Syams dalam rakaat pertama dan surat ad-Dhuha pada rakaat kedua. Ada juga hadits yang menyebutkan bahwa pada rakaat pertama membaca surat al-Kafirun dan rakaat kedua membaca surat al-Ikhlas. Dan, ini adalah yang paling afdhal menurut Imam ar-Ramli yang juga ulama Mazhab Syafi'i.   

Sumber: Rumah Fiqih

Pengolah: Nashih Nashrullah/Ratna Ajeng Tejomukti

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement