Jumat 05 Mar 2021 05:45 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Problematika Interaksi Sosial

Interaksi sosial dapat menumbuhkan ukhuwah Islamiyah dan persatuan yang kukuh.

Naskah Khutbah Jumat: Problematika Interaksi Sosial
Foto: REUTERS/Damir Sagolj
Naskah Khutbah Jumat: Problematika Interaksi Sosial

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Safwannur

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرْهُ وَنَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِي اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ. وَأَشْهدُ أَنْ لاَ إَلَهَ إِلاّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ وَلَا رَسُوْلَ بَعْدَهُ. اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى رَسُوْلِ اللَّهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ وَلآَهُ. أَمَّا بَعْدُ فَيَا عِبَادَ اللَّهِ أُصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَ اللَّهِ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ.

Baca Juga

قَالَ تَعَالَى: فَاصْبِرْ كَمَا صَبَرَ أُوْلُوْا الْعَزْمِ مِنَ الرُّسُلِ وَلاَ تَسْتَعْجِلْ لَهُمْ… (الأحقاف: 35)

وَ قَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم: المُؤْمِنُ الَّذِيْ يُخَالِطُ النَّاسَ وَ يَصْبِرُ عَلىَ أَذَاهُمْ  أَفْضَلُ مِنَ الْمُؤْمِنِ الَّذِيْ لاَ يُخَالِطُ النَّاسَ وَلاَ يَصْبِرُ عَلَى أَذَاهُمْ (رواه  ابن ماجه و أحمد و البيهقي).

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah,

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak mungkin bisa menjalani kehidupan tanpa bersentuhan dengan manusia lain. Interaksi sosial mutlak adanya dalam keseharian manusia. Interaksi sosial dapat menumbuhkan ukhuwah Islamiyah dan persatuan yang kukuh.

Namun perlu disadari kita akan menghadapi beragam karakter umat manusia dalam pergaulan, baik yang menyenangkan maupun yang menjengkelkan. Begitulah adanya realita kehidupan yang harus kita jalani.

Hidup di lingkungan yang baik bersama dengan orang-orang baik adalah sebuah anugerah terindah bagi manusia. Suasana kehidupan yang saling membantu satu sama lain, saling menasehati, saling menguatkan di kala ada yang tertimpa musibah, kompak dalam melakukan kebaikan adalah gambaran kehidupan yang menjadi dambaan setiap insan tentunya. Kita akan merasa tenteram dan bahagia menjalani kehidupan dalam kondisi seperti ini.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement