Jumat 05 Mar 2021 21:10 WIB

Universitas Andalas Buka Klinik Kontruksi Gempa Mamuju

Klinik bangunan yang didirikan ini untuk memeriksa bangunan yang sakit.

Universitas Andalas mengirim Tim Pusat Studi Bencana (PSB) Unand ke Mamuju, Sulawesi Barat untuk melakukan Studi Investigasi Dampak Bencana Gempa 2021 di Mamuju-Majene, Provinsi Sulawesi Barat
Foto: Dokumentasi Universitas Andalas
Universitas Andalas mengirim Tim Pusat Studi Bencana (PSB) Unand ke Mamuju, Sulawesi Barat untuk melakukan Studi Investigasi Dampak Bencana Gempa 2021 di Mamuju-Majene, Provinsi Sulawesi Barat

IHRAM.CO.ID,MAMUJU -- Universitas Andalas Provinsi Sumatera Barat membuka klinik untuk memeriksa kontruksi bangunan yang guncang gempa di kabupaten Mamuju Provinsi Sulbar.

"Dalam rangka pemulihan bencana gempa Mamuju, universitas Andalas membuka klinik untuk memeriksa kontruksi bangunan yang guncang gempa di kabupaten Mamuju," kata Ahli perkuatan rumah rakyat dan assesmen bangunan pasca gempa Universitas Andalas, Dr. Febrin Anas Ismaildi Mamuju, Jumat (5/3).

Ia mengatakan, pembukaan klinik kontruksi bangunan gempa di Mamuju telah dikerjasamakan dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat untuk penanganan pascagempa. "Klinik bangunan yang didirikan ini untuk memeriksa bangunan yang sakit, seperti dokter memeriksa manusia ketika sakit, dan ini bangunan yang sakit nanti akan dikonsultasikan apakah masih layak digunakan atau mengalami kerusakan parah dan untuk mengetahui kerusakannya," ujarnya.

Menurut dia, tim universitas Andalas akan dapat dihubungi lewat media sosial atau bisa lewat Whats up. Jika ada yang meminta untuk memberikan jasa konsultasi, ia menyampaikan, Klinik Universitas Andalas nantinya akan dipusatkan di di poski Transisi Darurat Kantor Gubernur Sulbar, untuk melayani pertanyaan atau permintaan konsultasi warga yang bangunannya digoncang gempa.

 

Ia mengatakan, masyarakat juga dapat langsung berkunjung ke Klinik, melaporkan atau mempertanyakan kondisi rumahnya pasca gempa. Universitas Andalas menyiapkan 10 personil sumber daya manusia yang akan membantu masyarakat dan terdapat tenaga tambahan akan dari lokal.

Sementara itu Koordinator Bidang Data dan Informasi, Safaruddin Sanusi, yang juga juga berterima kasih kepada Universitas Andalas atau dibangunnya klinik bangunan di Sulbar dan berharap pemulihan bangunan rusak di Sulbar dapat dilaksanakan.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement