5 Ramadhan 1442

Pemkab Sigi Dorong Pembentukan Koperasi Peternakan

Jumat , 05 Mar 2021, 23:39 WIB Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Pemkab Sigi Dorong Pembentukan Koperasi Peternakan (ilustrasi)
Pemkab Sigi Dorong Pembentukan Koperasi Peternakan (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,SIGI -- Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, akan mendorong pembentukan koperasi peternakan di tengah masyarakat setempat agar memudahkan peternak dalam memenuhi kebutuhan pakan, permodalan, dan pasar.

"Koperasi peternakan jadi penyemangat bagi petani dan peternak dalam melakukan kegiatan budidaya peternakan," kata Wakil Bupati Sigi Samuel Y Pongi, di Sigi, Jumat (5/3).

Pemkab Sigi, kata Samuel, mulai menyosialisasikan pembentukan koperasi peternakan kepada masyarakat diawali di Desa Jono Oge, Kecamatan Sigi Biromaru. Keberadaan koperasi peternakan, sebut dia, sebagai langkah dalam penyelesaian persoalanyang dihadapi para peternak di Kabupaten Sigi, atas harga pemasaran ternak yang murah, dan pakan ternak yang semakin mahal dan terbatas.

Wabup Samuel Y Pongi menghimbau kepada para peternak untuk bersatu dalam rangka menjaga stabilitas harga ternak melalui koperasi peternakan. Pemkab Sigi, kata dia, berharap dengan adanya koperasi peternakan ini nantinya dapat menjadi wadah bagi para peternak untuk menjual hasil ternak dengan harga yang wajar dan stabil. "Begitu juga halnya dengan persoalan pakan ternak," kata Samuel.

Dia mengatakan Pemkab Sigi fokus pada pengembangan ekonomi masyarakat berbasis agrobisnis, juga serius menangani ekonomi pada sektor peternakan. Hal itu karena Pemkab Sigi berkeinginan agar Sigi dapat menjadi daerah penyangga pangan di Sulawesi Tengah ataupun daerah sekitarnya.

"Daerah kita kaya dengan pertanian dan peternakan, dua hal yang tidak bisa terpisahkan. Ini menjadi kekuatan kita untuk membangun ekonomi kerakyatan dan kemajuan daerah sebagai penyuplai kebutuhan pangan," ujarnya.

 

widget->kurs();?>