1 Ramadhan 1442

Nabi yang Dibunuh Kaumnya Sendiri

Ahad , 07 Mar 2021, 13:20 WIB Reporter :Muhyiddin/ Redaktur : Muhammad Hafil
Nabi yang Dibunuh Kaumnya Sendiri. Foto: Ilustrasi Sahabat Nabi
Nabi yang Dibunuh Kaumnya Sendiri. Foto: Ilustrasi Sahabat Nabi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Allah Swt menyatakan bahwa salah satu kaum yang dibinasakan adalah Ashab Al-Rass. Dalam Alqur’an kaum Rass ini disebutkan di dalam surat Al-Furqan ayat 38. Berdasarkan pendapat para ulama tafsir, mereka ini lah kaum yang membunuh nabi mereka sendiri.

 Allah Swt berfirman:

وَعَادًا وَثَمُودَا۟ وَأَصْحَٰبَ ٱلرَّسِّ وَقُرُونًۢا بَيْنَ ذَٰلِكَ كَثِيرًا

“Dan (Kami binasakan) kaum 'Aad dan Tsamud dan penduduk Rass dan banyak (lagi) generasi-generasi di antara kaum-kaum tersebut. (QS. al-Furqan ayat 38).

Baca Juga

Dikutip dari laman Alukah, Al-Wahidi dalam kitab tafsirnya yang berjudul Al-Wajiz menjelaskan bahwa kaum Rass di dalam ayat tersebut adalah orang-orang dari sumur yang duduk di atasnya, dan pemilik ternak, penyembah berhala, dan mereka dihancurkan oleh penyangkalan nabi mereka.

Sementara, Qatadah dan al-Kalbi menjelaskan bahwa Rass adalah sebuah sumur di tanah Al-Yamamah, penduduk Rass ini membunuh Nabi mereka, dan Tuhan Yang Maha Kuasa menghancurkan mereka. Beberapa dari mereka berkata: Mereka adalah sisa-sisa kaum Tsamud dan orang-orang yang saleh, dan mereka adalah pemilik sumur yang disebutkan Allah dalam surat Al-Hajj ayat 45.

Sedangkan Sa’id bin Jubair mengatakan bahwa kaum Rass ini memiliki seorang nabi bernama Hanzalah ibn Safwan, dan mereka membunuhnya dan Tuhan Yang Maha Kuasa menghancurkan mereka.

Hal senada juga disampaikan sahabat nabi terkemuka, Ikrimah bin Abu Jahal. Menurut dia, kaum Rass ini adalah orang-orang yang menambatkan Nabi mereka di sumur dan dia meninggal, dan Tuhan menghancurkan mereka.

 

widget->kurs();?>