Senin 08 Mar 2021 07:09 WIB

Keistimewaan Masjid Nabawi Bagi Peradaban

Keistimewaan Masjid Nabaw

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Subarkah
Suasana pelataran Masjid Nabawi di tengah suasana pandemi.
Foto: saudigazette
Suasana pelataran Masjid Nabawi di tengah suasana pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, Masjid memiliki andil yang besar dalam peradaban Islam dan penyebarannya. Dan masjid terdahulu tentunya mempunyai pengaruh dalam peradaban di masa Rasulullah ﷺ, termasuk lewat Masjid Nabawi.

Dikutip dari buku Bekal Haji karya Ustaz Firanda Andirja, pembangunan masjid merupakan salah satu perkara yang menarik perhatian Rasulullah ﷺ setibanya di Madinah.

 

Masjid Nabawi memiliki tempat yang sangat istimewa di hati kaum muslimin. Hal ini karena masjid Nabawi dibangun di atas dasar takwa, sebagaiman firman-nya, 

 

 لَمَسۡجِدٌ اُسِّسَ عَلَى التَّقۡوٰى مِنۡ اَوَّلِ يَوۡمٍ اَحَقُّ اَنۡ تَقُوۡمَ فِيۡهِ‌ؕ 

 

"... Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa sejak jari pertama adalah lebih patut kamu shalat di dalamnya..." (At Taubah ayat 108).

 

Abu Said al-Khudri Radhiyallahu Anhu berkata, 

 

"Aku pernah menemui Rasulullah di rumah salah satu istrinya dan bertanya, "Ya Rasulallah, manakah di antara dua masjid (Masjid Nabawi atau Masjid Quba) yang dibangun di atas dasar takwa?" Beliaupun mengambil segenggam pasir, lalu dibuangnya kembali ke tanah, dan kemudian beliau bersabda, "Masjid kamu ini", yaitu Masjid Nabawi" (HR Muslim).

 

Imam An-Nawawi rahimahullah berkata, "Ini merupakan nas (dalil yang tegas dan jelas) bahwa Masjid Nabawi adalah masjid yang dibangun atas dasar takwa yang disebutkan dalam Alquran dan juga merupakan bantahan terhadap apa yang dikatakan oleh beberapa pakar tafsir bahwasanya masjid yang disebut dalam Alquran adalah Masjid Quba. Tujuan Beliau ﷺ mengambil pasir dan menghempaskannya kembali ke tanah adalah untuk mempertegas dan menjelaskan kedudukan Masjid Nabawi" (Syarh Shahih Muslim).

 

Hal ini merupakan salah satu keistimewaan Masjid Nabawi. Rasulullah ﷺ adalah pelopor berdirinya masjid ini. Bahkan, Beliau ﷺ ikut dalam pembangunannya dengan mengangkat batu-batu penyusun fondasinya. Para sahabat pun turut serta membantu Beliau ﷺ dalam pembangunannya. Bahkan, Rasulullah ﷺ mengabarkan kepada umatnya akan keutamaan mengerjakan salat di dalamnya daripada di masjid lainnya. 

 

Beranjak dari hal-hal di atas, terlihat bahwa kaum muslimin sangat perlu untuk memberikan perhatian mereka terhadap Masjid Nabawi. Sudah banyak riwayat yang menjelaskan sejarah pembangunan Masjid Nabawi meskipun tidak membentuk sebuah alur yang berhubungan. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement