Selasa 09 Mar 2021 14:15 WIB

Egyptologist Terjemahkan Manual Mumifikasi Tertua

Egyptologist baru-baru ini menerjemahkan manual mumifikasi tertua yang diketahui.

Rep: Idealisa masyrafina/ Red: Muhammad Subarkah
Mumi di Mesir
Foto: Google.com
Mumi di Mesir

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS --Menerjemahkannya membutuhkan pemecahan teka-teki literal, teks medis yang mencakup manual tersebut saat ini masih terpotong-potong, dengan setengah dari yang tersisa di Museum Louvre di Prancis dan setengahnya lagi di Universitas Kopenhagen di Denmark. 

Dilansir di Ars Technica, Selasa (9/3) dijelaskan bahwa beberapa bagian dari teks itu benar-benar hilang, tetapi yang tersisa adalah risalah tentang jamu dan penyakit kulit, terutama yang menyebabkan pembengkakan. Anehnya, satu bagian dari teks itu menyertakan manual singkat tentang pembalseman.

Untuk pembaca teks kuno, kombinasi itu mungkin masuk akal. Manual tersebut mencakup resep untuk resin dan salep yang digunakan untuk mengeringkan dan mengawetkan tubuh setelah kematian, bersama dengan penjelasan tentang bagaimana dan kapan menggunakan perban dengan bentuk dan bahan yang berbeda.

Resep-resep itu mungkin menggunakan bahan yang sama seperti salep untuk kulit hidup, karena tanaman dengan senyawa antimikroba akan berguna untuk mencegah infeksi dan pembusukan.

Papirus Louvre-Carlsberg, sebutan untuk teks medis kuno sekarang, adalah manual mumifikasi tertua yang diketahui sejauh ini, dan merupakan salah satu dari tiga yang pernah ditemukan oleh ahli Mesir Kuno.  

Berdasarkan gaya karakter yang digunakan untuk menulis teks, teks tersebut mungkin berasal dari sekitar 1450 SM, yang membuatnya lebih dari 1.000 tahun lebih tua daripada dua teks mumifikasi lainnya yang diketahui. 

Tetapi senyawa pembalseman yang digambarkannya sangat mirip dengan yang digunakan pembalsem 2.000 tahun sebelumnya di Mesir pra-Dinasti. Balsemnya terbuat dari campuran minyak tumbuhan, ekstrak tumbuhan aromatik, permen karet atau gula, dan resin konifer yang dipanaskan.

Meskipun prinsip dasar pembalseman bertahan selama ribuan tahun di Mesir, detailnya bervariasi dari waktu ke waktu.  Oleh Kerajaan Baru, ketika Papirus Louvre-Carlsberg ditulis, seni mumifikasi telah berkembang menjadi proses 70 hari yang sangat rumit yang mungkin membingungkan atau bahkan mengejutkan para praktisi pra-Dinasti.

Dan manual singkat ini sepertinya ditulis untuk orang-orang yang sudah memiliki pengetahuan tentang pembalseman dan hanya membutuhkan referensi praktis.

"Teksnya terbaca seperti alat bantu ingatan, jadi pembaca yang dituju pasti adalah spesialis yang perlu diingatkan tentang detail ini," kata Egyptologist Universitas Kopenhagen Sofie Schiødt, yang baru-baru ini menerjemahkan dan mengedit teks secara manual. 

Beberapa langkah paling dasar, ​​seperti menggunakan natron untuk mengeringkan tubuh, dilewati seluruhnya, mungkin karena langkah itu akan terlihat jelas bagi pembalsem yang bekerja.

Di sisi lain, manual ini mencakup petunjuk mendetail untuk teknik pembalseman yang tidak termasuk dalam dua teks lain yang diketahui. Ini mencantumkan bahan untuk campuran cairan, sebagian besar zat tanaman aromatik seperti resin, bersama dengan beberapa bahan pengikat, yang seharusnya melapisi sepotong kain merah yang ditempelkan pada wajah orang mati.  

Sisa mumi dari periode waktu yang sama memiliki kain dan resin yang menutupi wajahnya dengan cara yang tampaknya sesuai dengan deskripsi. 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement