27 Ramadhan 1442

Saudi Beri Bantuan ke Jasa Haji-Umroh yang Terdampak Pandemi

Rabu , 10 Mar 2021, 16:25 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam/ Redaktur : Esthi Maharani
Kelompok pertama umat muslim melakukan ibadah umroh dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi.
Kelompok pertama umat muslim melakukan ibadah umroh dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH--Otoritas Arab Saudi menyebut telah memperluas bantuan untuk sektor jasa haji dan umroh domestik yang terdampak pandemi Covid-19. Dukungan tersebut untuk membantu mengurangi dampak keuangan dan ekonomi dari pandemi pada individu, perusahaan dan investor swasta.

Dilansir dari Salaam Gateway, dukungan Kerajaan datang dalam berbagai pembebasan biaya, termasuk untuk fasilitas akomodasi di Makkah dan Madinah serta karyawan ekspatriat mereka.

Kerajaan menyebut bantuan untuk sektor haji dan umroh meliputi fasilitas akomodasi di Makkah dan Madinah dibebaskan selama satu tahun dari biaya lisensi tahunan untuk kegiatan komersial kota. Perusahaan sektor haji dan umroh juga dibebaskan selama enam bulan dari biaya pekerja asing

Ada juga bantuan perpanjangan izin Kementerian Pariwisata selama satu tahun gratis untuk fasilitas akomodasi di Makkah dan Madinah. Pemungutan biaya perpanjangan kependudukan bagi ekspatriat yang bekerja di kegiatan yang berkaitan dengan sektor haji dan umroh juga ditunda selama enam bulan

Kemudian bantuan juga untuk keabsahan izin (formulir permohonan) untuk bus yang beroperasi di fasilitas yang mengangkut jemaah diperpanjang tanpa biaya selama satu tahun. Lalu pemungutan bea masuk bus baru musim haji 1442 H (2021) ditunda selama tiga bulan

Seperti diketahui, Arab Saudi menutup perbatasannya hampir sepanjang tahun lalu dan mengadakan haji yang diperkecil secara dramatis dengan hanya 1.000 jamaah dari berbagai negara yang sudah tinggal di Kerajaan.  Padahal 2,5 juta jemaah haji dijadwalkan untuk menunaikan ibadah haji tahunan tahun lalu. Umrah ditangguhkan mulai akhir Februari tahun lalu dan dibuka kembali untuk sejumlah besar jamaah asing di bawah kondisi terkendali mulai November.

 

widget->kurs();?>