Rabu 10 Mar 2021 17:24 WIB

Patung Senusret I akan Dipasang di Tangga Museum Mesir

Tangga museum Mesir akan dipasangi patung Sanusret I.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Patung Senusret I akan Dipasang di Tangga Museum Mesir
Foto: Egypt Today
Patung Senusret I akan Dipasang di Tangga Museum Mesir

IHRAM.CO.ID,KAIRO -- Museum Besar Mesir (Grand Egyptian Museum) saat ini sedang mengerjakan pemasangan patung Raja Senusret I di Tangga Besar.

Adapun Senusret I memerintah setelah dia diberitahu tentang pembunuhan ayahnya, Raja Amenemhat I. Saat itu, dia merupakan putra mahkota dan dia sedang dalam kampanye militer.

Baca Juga

Dilansir dari laman Egypt Today pada Rabu (10/3), Senusret I adalah salah satu firaun paling kuat dari Dinasti ke-12.  Firaun muda membawa warisan ayahnya dan menerapkan semua ajarannya, dia berkembang pesat di Nubia, dan melancarkan dua kampanye militer pada tahun ke-10 dan ke-18 pemerintahannya.

Dia mendefinisikan perbatasan resmi selatan Mesir dekat Second Cataract, dan mendirikan garnisun militer di sana. Kemudian juga mendirikan sebuah plakat peringatan yang mengagungkan kemenangan militernya.

 

Raja Senusret I mampu membangun banyak tempat suci dan kuil di seluruh Mesir dan Nubia.  Dia membangun kuil dewa Atun di daerah Heliopolis, yang sekarang Ain-Shams. Itu adalah pusat utama pemujaan matahari di Mesir Firaun.

Dia juga mengorganisir suatu ekspedisi ke oasis Padang Gurun Barat di padang gurun Libia. Senusret I membangun hubungan diplomatik dengan beberapa penguasa di kota-kota Siria dan Kanaan. Dia juga mencoba memusatkan struktur politik negara dengan mendukung para nomarkh yang setia padanya. 

Senusret I disebut-sebut dalam Kisah Sinuhe, di mana ia dilaporkan terburu-buru kembali ke istana raja di Memphis dari suatu kampanye militer di Asia setelah mendengar berita pembunuhan ayahnya, Amenemhat I.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement