29 Ramadhan 1442

Patung Senusret I akan Dipasang di Tangga Museum Mesir

Rabu , 10 Mar 2021, 17:24 WIB Reporter :Rossi Handayani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Patung Senusret I akan Dipasang di Tangga Museum Mesir
Patung Senusret I akan Dipasang di Tangga Museum Mesir

IHRAM.CO.ID,KAIRO -- Museum Besar Mesir (Grand Egyptian Museum) saat ini sedang mengerjakan pemasangan patung Raja Senusret I di Tangga Besar.

Adapun Senusret I memerintah setelah dia diberitahu tentang pembunuhan ayahnya, Raja Amenemhat I. Saat itu, dia merupakan putra mahkota dan dia sedang dalam kampanye militer.

Dilansir dari laman Egypt Today pada Rabu (10/3), Senusret I adalah salah satu firaun paling kuat dari Dinasti ke-12.  Firaun muda membawa warisan ayahnya dan menerapkan semua ajarannya, dia berkembang pesat di Nubia, dan melancarkan dua kampanye militer pada tahun ke-10 dan ke-18 pemerintahannya.

Dia mendefinisikan perbatasan resmi selatan Mesir dekat Second Cataract, dan mendirikan garnisun militer di sana. Kemudian juga mendirikan sebuah plakat peringatan yang mengagungkan kemenangan militernya.

Baca Juga

Raja Senusret I mampu membangun banyak tempat suci dan kuil di seluruh Mesir dan Nubia.  Dia membangun kuil dewa Atun di daerah Heliopolis, yang sekarang Ain-Shams. Itu adalah pusat utama pemujaan matahari di Mesir Firaun.

Dia juga mengorganisir suatu ekspedisi ke oasis Padang Gurun Barat di padang gurun Libia. Senusret I membangun hubungan diplomatik dengan beberapa penguasa di kota-kota Siria dan Kanaan. Dia juga mencoba memusatkan struktur politik negara dengan mendukung para nomarkh yang setia padanya. 

Senusret I disebut-sebut dalam Kisah Sinuhe, di mana ia dilaporkan terburu-buru kembali ke istana raja di Memphis dari suatu kampanye militer di Asia setelah mendengar berita pembunuhan ayahnya, Amenemhat I.

 

widget->kurs();?>