Sabtu 13 Mar 2021 21:15 WIB

Menkes Yordania Mundur Setelah Enam Pasien Covid Meninggal

Terjadi pemadaman yang menyebabkan pasokan oksigen terputus selama satu jam.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
Menkes Yordania Mundur Setelah Enam Pasien Covid Meninggal
Foto: Pixabay
Menkes Yordania Mundur Setelah Enam Pasien Covid Meninggal

REPUBLIKA.CO.ID, AMMAN -- Menteri Kesehatan Yordania Nathir Obeidat mengundurkan diri dari jabatannya, Sabtu (13/3). Hal itu dia lakukan setelah enam pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit pemerintah meninggal akibat pasokan oksigen terputus selama satu jam.

Dilaporkan Al Arabiya, enam pasien Covid-19 yang meninggal dirawat di Rumah Sakit Umum Salt di kota As-Sat dekat ibu kota Amman. Menurut laporan media lokal sistem oksigen di tempat itu sempat mengalami pemadaman.

Baca Juga

Kepanikan sempat terjadi di antara keluarga pasien saat pemadaman berlangsung. Mereka bergegas ke ruang perawatan untuk memeriksa keadaan kerabat mereka.

Polisi sempat dikerahkan guna mencegah terjadinya kekacauan atau keributan. Menurut laporan kantor berita Yordania, Petra, Perdana Menteri Bisher al-Khasawneh telah memerintahkan pihak berwenang menyelidiki kejadian tersebut.

Dia meminta Ketua Dewan Kehakiman melakukan penyidikan melalui Jaksa Penuntut Umum dan menerbitkan hasilnya secara independen guna memastikan integritas penyidikan. "Setiap orang yang bertanggung jawab atas kegagalan tersebut akan menanggung konsekuensi sesuai dengan ketentuan hukum," kata al-Khasawneh.

Sejauh ini Yordania telah mencatatkan lebih dari 465 ribu kasus Covid-19 dengan korban meninggal mencapai 5.224 jiwa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement