Selasa 16 Mar 2021 08:11 WIB

Bukan Hanya Aisyah, Istri Nabi SAW Ini tak Kalah Cerdas

Beliau juga cantikdan dermawan.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Bukan Hanya Aisyah, Istri Nabi SAW Ini tak Kalah Cerdas. Ilustrasi Muslimah
Foto: Mgrol120
Bukan Hanya Aisyah, Istri Nabi SAW Ini tak Kalah Cerdas. Ilustrasi Muslimah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu istri Nabi Muhammad SAW yang dikenal dengan kecerdasannya bernama Sayyidah Ummu Salamah. Selain cantik dan dermawan, beliau juga dikenal sebagai sosok istri Nabi yang cerdas dan mengagumkan.

Pakar Ilmu Tafsir Prof Quraish Shihab dalam buku Membaca Sirah Nabi Muhammad SAW menjelaskan, kecantikan yang terpancar dari Sayyidah Ummu Salamah berasal dari kecantikan lahiriah dan batiniah.

Baca Juga

Kecerdasan Sayyidah Ummu Salamah salah satunya dapat dilihat dari periwayatan hadis yang dilakukan oleh beliau. Sayyidah Ummu Salamah meriwayatkan hadits Nabi SAW baik langsung maupun tidak langsung. Sementara para pakar, menurut Prof Quraish, menyebut angka 378 hadits.

Sayyidah Ummu Salamah banyak bertanya, sebagian pertanyaan menjadi latar belakang turunnya beberapa ayat Alquran. Memang salah satu hikmah perkawinan Nabi adalah agar para istri itu ikut merekam pengalaman dan pelajaran yang dapat dipetik dari Rasulullah SAW.

Lebih-lebih dalam hal-hal yang berkaitan dengan rahasia kehidupan rumah tangga yang diperlukan umat dan yang tidak dapat direkam oleh seorang atau dua orang istri. Sebab banyak kompleksitas kehidupan dalam berumah tangga.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement