Kamis 18 Mar 2021 15:41 WIB

Benteng Alhambra, Peninggalan Kejayaan Islam di Spanyol

Benteng Alhambra adalah sisa peninggalan Dinasti Nasrid, kerajaan Islam terakhir di E

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Alhambra merupakan sebuah kompleks istana dan benteng peninggalan bersejarah sekaligus bukti jejak peradaban Islam di Eropa.
Foto: Republika TV/Kamila
Alhambra merupakan sebuah kompleks istana dan benteng peninggalan bersejarah sekaligus bukti jejak peradaban Islam di Eropa.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Agama Islam tersebar luas sampai benua Eropa. Salah satu rekam jejak Islam adalah benteng Alhambra yang terletak di Granada, Spanyol. Benteng tersebut sudah berusia delapan abad. Menara benteng berwarna kemerahan yang dikelilingi oleh tulisan bahasa Arab al-qal’a al-hamra yang berarti benteng atau kastil.

Benteng Alhambra adalah sisa peninggalan Dinasti Nasrid, kerajaan Islam terakhir di Eropa Barat. Pada tahun 1984, Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) menetapkan benteng Alhambra sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO bersama dengan Albayzin dan Taman Generalife.

Dari Alhambra, pengunjung dapat melihat pemandangan seluruh kota Granada. Secara keseluruhan, Alhambra terbentang hampir 26 hektare dengan lebih dari satu mil dinding, 30 menara, dan banyak bangunan kecil.

Bagian tertua dari Alhambra adalah Alcazaba, sebuah benteng yang memiliki banyak menara. Beberapa ahli percaya, struktur Alcazaba digunakan sebagai pangkalan militer untuk pengawal kerajaan sultan yang dibangun sebelum umat Islam tiba di Granada.

 

Catatan sejarah pertama dari Alcazaba berasal dari abad ke-9. Mereka merujuk pada seorang pria bernama Sawwar ben Hamdun yang mengungsi di benteng Alcazaba karena perkelahian sipil antara Muslim dan orang-orang keturunan campuran Arab dan Eropa (Muladies).

Teks Arab menunjukkan Sawwar ben Hamdun dan Muslim lainnya mungkin telah mulai pembangunan baru di benteng tersebut. Pada 1238, pendiri Dinasti Nasrid, Mohammed ben al-Hamar (Mohammed I)  menetap di Alcazaba. Kemudian dia mendirikan kediaman kerajaan baru di Alhambra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement