Jumat 19 Mar 2021 06:50 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Sholat Jumat Sesuai Syariat

Karena sholat itu merupakan penghapus dosa.

Naskah Khutbah Jumat: Sholat Jumat Sesuai Syariat
Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Naskah Khutbah Jumat: Sholat Jumat Sesuai Syariat

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Mushlihin, PRM Takerharjo Solokuro Lamongan

Alhamdulillah alladzi an’amanah binikmatil iman wal islam wa akramana bikhilafatihi min jamiil alam. Asyhadu an laa ilaha illallah wahdahu la syarikalahu. Wa asyhadu anna muhammadan abduhu warasuuluhu. Allahumma salli wasallim wabarik ala nabiyina muhammadin wa ala alihi wa ashabihi wa man tabiahum ila yaumiddin. Wabakdu.

Baca Juga

Qola allahu taala fil quranil azim. Ya ayyuha alladzina amanu ittaqullahi haqqa tuqotihi wala tamutunna illa wa antum muslimun.

(یَـٰۤأَیُّهَا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوۤا۟ إِذَا نُودِیَ لِلصَّلَوٰةِ مِن یَوۡمِ ٱلۡجُمُعَةِ فَٱسۡعَوۡا۟ إِلَىٰ ذِكۡرِ ٱللَّهِ وَذَرُوا۟ ٱلۡبَیۡعَۚ ذَ ٰ⁠لِكُمۡ خَیۡرࣱ لَّكُمۡ إِن كُنتُمۡ تَعۡلَمُونَ)

Jamaah Jumat yang dimuliakan Allah,

Marilah kita saling berwasiat untuk meningkatkan iman dan takwa kapanpun dan di manapun dengan sebenar-benarnya. Jangan sekali-kali sampai mati dalam keadaan kafir alias tak beragama Islam. Orang kafir tempatnya di neraka jahanam. Siapa pun yang masuk ke dalamnya pasti hancur lebur. Sebaliknya orang mukmin adalah sebaik-baik makhluk dan tempatnya di surga bahagia selamanya.

Orang beriman punya kewajiban, jika mendengar azan harus dijawab dan segera mendirikan sholat. Allah berfirman, “ Wahai orang-orang yang beriman apabila diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat maka segeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui” (QS. Al Jumah;9). Lalu jika tidak mau melaksanakannya akan dilaknat, apalagi meninggalkan salat jumat 3x berturut-turut maka akan dicap sebagai orang munafik (HR.Ahmad). Orang munafik tempat tinggalnya di dasar neraka.

Baca juga : MUI: Sholat Jumat Daring tidak Sah

Maka, sungguh beruntung kita yang pada hari ini bisa mendirikan jumatan sesuai ketentuan syariat. Adapun ketentuannya yaitu sebagai berikut.

Pertama, mandi, yaitu mencuci tangan, cuci kemaluan, wudu, keramas, menyiram air ke badan mulai dari kanan lalu kiri sampai kaki.

Kedua, memakai wangi-wangian jika punya.

Ketiga, memakai pakaian yang paling bagus, tetapi tidak boleh meninggalkan jumatan karena tidak memiliki pakaian baru.

Keempat, keluar rumah langsung ke masjid dan tak lupa berdoa “Ya Allah jadikanlah cahaya dalam hatiku, penglihatanku, pendengaranku, sebelah kanan dan kiriku, atas dan bawahku, depan dan belakangku dan jadikanlah aku bercahaya”. (HR Bukhari)

 

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement