Sabtu 20 Mar 2021 01:26 WIB

6 Alasan Sehari Tanpa Gawai Ala Alicia Keys Patut Dicoba

Alicia Keys mulai mendedikasikan sehari tanpa gawai dalam satu pekan

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Penggunaan ponsel (Ilustrasi). Ponsel sering kali menjadi hal pertama yang dicari banyak orang sesaat setelah bangun tidur. Ponsel pintar pula hal terakhir yang kerap dilihat banyak orang sesaat sebelum tidur.
Foto: VOA
Penggunaan ponsel (Ilustrasi). Ponsel sering kali menjadi hal pertama yang dicari banyak orang sesaat setelah bangun tidur. Ponsel pintar pula hal terakhir yang kerap dilihat banyak orang sesaat sebelum tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ponsel sering kali menjadi hal pertama yang dicari banyak orang sesaat setelah bangun tidur. Ponsel pintar pula hal terakhir yang kerap dilihat banyak orang sesaat sebelum tidur.

Disadari atau tidak, beragam kegiatan yang dilakukan kebanyakan orang seringkali tak lepas dari layar gawai, baik itu ponse pintar, tablet, komputer, atau televisi. Paparan cahaya biru dari berbagai gawai ini seakan tak pernah berhenti sepanjang hari.

Situasi ini pula yang kerap dihadapi oleh penyanyi Alicia Keys. Keys lalu termotivasi untuk membuat perubahan kecil agar tidak terlalu tergantung pada gawai. Melalui perubahan ini, Keys mendedikasikan satu hari per pekan sebagai hari tanpa gawai.

Keys mengatakan hal tersebut memang tak selalu mudah dilakukan. Keys bahkan pernah merasa bingung harus melakukan kegiatan apa ketika sedang duduk santai sendirian.

"Gagasan tentang duduk sendiri bukanlah sesuatu yang diajarkan kepada kita," ungkap Keys.

Terlepas dari itu, ide menyisihkan satu hari tanpa gawai per pekan bukanlah sesuatu yang buruk. Seperti dilansir Independent, setidaknya ada enam alasan mengapa ide yang dicetuskan Keys ini patut dicoba.

Lebih Banyak Waktu untuk Diri Sendiri

Sangat mudah untuk menghabiskan banyak waktu sambil berselancar di media sosial tanpa disadari. Padahal, waktu yang terpakai untuk menggunakan media sosial tesebut mungkin bisa digunakan untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat, seperti melakukan hobi baru atau bahkan hanya untuk sekedar bersantai dan lebih mengenal diri sendiri.

Perbaiki Tidur

Banyak orang tahu bahwa menjauhi ponsel satu atau dua jam sebelum jam tidur baik untuk menjaga kualitas tidur. Namun, seberapa banyak yang benar-benar mempraktikkan hal tersebut?

Studi mengungkapkan bahwa penggunaan teknologi dapat memicu terjadinya beberapa masalah tidur. Oleh karena itu, membatasi paparan layar gawai meski hanya sehari dalam sepekan dapat memberikan dampak baik bagi kualitas tidur.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement