Sabtu 20 Mar 2021 22:28 WIB

Bangun Jiwa Wirausaha Muda, LAZ BSMU dan BSI Gelar ISDP

Program ini perlu kolaborasi dari berbagai pihak agar peserta ISDP dapat berkembang

Lembaga Amil Zakat Bangun Sejahtera Mitra Umat (LAZ BSMU) bersama Bank Syariah Indonesia (BSI) telah mengadakan kegiatan Islamic Sociopreuner Development Program (ISDP) Contest pada Kamis, (18/3). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Road to Graduation ISDP 2021 bagi para mahasiswa terpilih binaan ISDP.
Foto: istimewa
Lembaga Amil Zakat Bangun Sejahtera Mitra Umat (LAZ BSMU) bersama Bank Syariah Indonesia (BSI) telah mengadakan kegiatan Islamic Sociopreuner Development Program (ISDP) Contest pada Kamis, (18/3). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Road to Graduation ISDP 2021 bagi para mahasiswa terpilih binaan ISDP.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Lembaga Amil Zakat Bangun Sejahtera Mitra Umat (LAZ BSMU) bersama Bank Syariah Indonesia (BSI) telah mengadakan kegiatan Islamic Sociopreuner Development Program (ISDP) Contest pada Kamis, (18/3). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Road to Graduation ISDP 2021 bagi para mahasiswa terpilih binaan ISDP. Acara yang dilaksanakan secara hybrid ini menghadirkan 8 mahasiswa terpilih dari berbagai daerah yang beradu konsep serta pola bisnis yang telah mereka terapkan pada usahanya masing- masing.

Hadir pada kesempatan ini Direktur Eksekutif LAZ BSMU Rizki Okto Priansyah, Corporate Secretary Bank Syariah Indonesia Rosalina Dewi Triswardhani, dan Group Head Micro Business Group Bank Syariah Indonesia Mohammad Isnaeni. Untuk menguji para wirausaha muda ini, ISDP menghadirkan pula para juri yang sangat berkompeten di bidangnya masing- masing, diantaranya Pimpinan Redaksi Republika Irfan Junaedi, Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Putu Rahwidhiyasa, Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis, Kementerian Koperasi dan UMKM Dewi Syarlen dan Founder of Indonesia Startup Center, Muhaimin Iqbal.

Pada kesempatan ini para finalis telah sangat baik dalam menyampaikan perkembangan dan dampak positif dari bisnisnya masing-masing, dewan juri sangat antusias mendengar pemaparan dari finalis. Dalam acara ini dipilih 3 finalis terbaik yang akan masuk ke acara puncak ISDP Graduation pada tanggal 25 Maret 2021, yaitu Koes Hendra bersama Beny Akbar dengan brand Sugeng Jaya Farm, Latifriansyah Usman Ali dengan brand Kedai Kiwae dan Bintang Wijaya dengan brand Bikin Bareng Creative.

Direktur Eksekutif LAZ BSMU, Rizqi Okto Priansyah  menyampaikan para penerima beasiswa ISDP dibina dari awal untuk menjadi wirausaha muda yang berdaya guna bagi masyarakat. Lebih lanjut menurutnya program ISDP ini perlu kolaborasi dari berbagai pihak, agar dapat saling membantu peserta ISDP dalam meningkatkan bisnisnya.

Dalam sambutannya, Corporate Secretary Bank Syariah Indonesia Rosalina Dewi menyampaikan Bank Syariah Indonesia menyambut baik sinergi program ISDP yang telah didukung oleh berbagai pihak. "Hal ini merupakan langkah Bank Syariah Indonesia untuk memberikan kemaslahatan yang seluas-luasnya bagi umat, melalui sosok sociopreneur milenial yang berakhlak mulia, berjiwa wirausaha dan dapat mencetak lapangan kerja bagi masyarakat. Kami berharap seluruh pihak dapat bersinergi mengembangkan ekonomi umat melalui instrument ZISWAF," kata Rosalina.

Muhaimin menilai seluruh finalis sudah sangat bagus ide kreatifnya, bisa menjadi contoh bagi wirausaha muda lainnya. Harapannya semoga BSI dan Laznas BSMU dapat memperluas cakupan peserta dan time frame pelaksaan beasiswa ISDP, sehingga manfaatnya bisa lebih lua. 

ISDP merupakan program beasiswa inkubator bisnis yang menyiapkan mahasiswa menjadi sociopreneur muslim yang memiliki kemampuan, memiliki kepedulian sosial, dan berdaya guna di masyarakat. Dari program ISDP ini sudah berhasil membentuk wirausaha muda yang selain sukses dalam bisnisnya, namun juga mampu membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitarnya. Acara ISDP Contest and Graduation 2021 ini bertujuan untuk melahirkan para sociopreuner yang dapat menginspirasi masyarakat Indonesia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement