Ahad 21 Mar 2021 16:09 WIB

Survei: TNI Jadi Lembaga Paling Dipercaya Anak Muda

Survei Indikator tunjukan TNI lembaga paling dipercaya anak muda dibanding Presiden.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Bayu Hermawan
Burhanuddin Muhtadi
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Burhanuddin Muhtadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indikator Politik Indonesia merilisi survei terkait suara anak muda tentang isu-isu sosial politik bangsa, salah satunya terkait tingkat kepercayaan terhadap lembaga/institusi. Hasilnya, TNI menjadi lembaga paling dipercaya anak muda dan kemudian presiden.

"Anak muda masih trust, yang paling mendapatkan keyakinan paling tinggi adalah TNI, kemudian presiden, kemudian polisi, baru kemudian KPK," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei secara daring, Ahad (21/3).

Baca Juga

Burhanuddin memerinci, TNI mendapatkan tingkat kepercayaan sangat percaya 12 persen, cukup percaya 77 persen dan sedikit percaya 9 persen. Sedangkan, presiden memperoleh tingkat kepercayaan sangat percaya 13 persen, cukup percaya 72 persen, dan sedikit percaya 13 persen.

Lembaga berikutnya yang paling dipercaya secara berurutan adalah kepolisian, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kejaksaan, media massa, media sosial, DPR, dan terakhir partai politik (parpol). Burhanuddin mengatakan, dalam pertanyaan survei selanjutnya, mayoritas anak muda menilai partai politik atau politikus di Indonesia tidak terlalu baik/tidak terlalu baik dalam mewakili aspirasi masyarakat (64,7 persen).

Selain itu, terkait kepuasaan terhadap kinerja presiden, 65,4 persen anak muda merasa sangat/cukup puas. Burhanuddin menuturkan, mayoritas anak muda dari berbagai kategori sosio-demografi menyatakan puas terhadap kinerja presiden, tetapi mayoritas anak muda di DKI Jakarta menyatakan tidak puas.

Menurut banyak anak muda, masalah yang paling penting diselesaikan utamanya adalah penanganan wabah virus corona. Lalu masalah lain yang dinilai paling penting diselesaikan yakni manajemen dan pertumbuhan ekonomi serta kemiskinan.

Di samping itu, 55,4 persen anak muda mengaku percaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa bekerja secara baik dalam mengatasi pandemi Covid-19. Sedangkan, sekitar 13 persen anak muda yang menyatakan tidak percaya.

"Jadi Pak Jokowi dianggap bisa menangani wabah Covid-19, soal Covid ini lebih rendah dibanding approval secara umum," kata Burhanuddin.

Mayoritas anak muda juga percaya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bisa bekerja secara baik dalam menangani pandemi Covid-19 (42,9 persen). Meskipun masih ada 15,2 persen anak muda yang tidak percaya.

Indikator Politik Indonesia melakukan survei ini pada 4-10 Maret 2021 kepada 1.200 responden berusia 17-21 tahun. Dengan situasi pandemi Covid-19, survei dilakukan melalui wawancara telepon.

Responden berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional. Indikator Politik Indonesia menggunakan metode simple random sampling dengan toleransi kesalahan sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement