Senin 22 Mar 2021 08:51 WIB

Kanwil Kemenag Diminta Petakan Kuota Haji

penentuan jamaah dan kuota haji masih menunggu Arab Saudi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Kanwil Kemenag Diminta Petakan Kuota Haji. Foto: Plt Dirjen PIHU: Khoirizi H Dasir
Foto: Republika/Darmawan
Kanwil Kemenag Diminta Petakan Kuota Haji. Foto: Plt Dirjen PIHU: Khoirizi H Dasir

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kepastian pemberangkatan jemaah haji 1442H/2021M masih menunggu keputusan Saudi. Meski demikian, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag tetap melakukan mitigasi, termasuk pemetaan kuota.

Sembari menunggu keputusan Saudi, Plt. Dirjen PHU Khoirizi meminta Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi untuk mulai memetakan kuota haji. Menurutnya, ini sebagai bagian dari mitigasi jika ada keputusan tentang pembatasan kuota haji.

Baca Juga

“Paling tidak sudah punya mindset untuk mengaturnya jika ada pembatasan kuota, kita tetap menunggu keputusan regulasi dari pemerintah Arab Saudi,” kata Khoirizi dalam keterangan yang didapat Republika, Senin (22/3).

Tak hanya itu, Khoirizi juga meminta Bidang PHU Kanwil memetakan jamaah haji yang sudah divaksin. Jamaah yang mendapat vaksin adalah mereka sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) tahun 2020.

Vaksinasi tahap pertama untuk jamaah haji disebut sudah dimulai. Maka, ia meminta agar segera dilakukan koordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Dinas Kesehatan atau Puskesmas.

"Yang penting jamaah dan petugas sudah divaksin, kalaupun tidak berangkat kita sudah mensukseskan tugas negara dalam pelaksanaan vaksinasi masyarakat indonesia,” ujar Khoirizi.

Tak hanya menitip pesan kepada Kanwil Kementerian Agama, Kepala Seksi PHU Kantor Kemenag Kabupaten/Kota juga diminta untuk melakukan pemantauan atas pelaksanaan vaksinasi bagi jamaah haji.

Ia menyebut pemberian vaksinasi bagi jamaah haji merupakan salah satu titik utama yang sedang dibahas dalam persiapan penyelenggaraan haji 2021 di Indonesia.

Adapun vaksinasi kepada jamaah haji tahap pertama ini ditergetkan selesai akhir Maret. Ia juga meminta Kabid dan Kasi PHU berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan serta Puskesmas setempat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement