Senin 22 Mar 2021 17:35 WIB

MES Segera Luncurkan Indeks Saham Syariah MES-BUMN

Rencananya indeks saham syariah tersebut akan dinamai IDX-MES BUMN 17

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Gita Amanda
Saham, (ilustrasi). Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) segera meluncurkan indeks saham syariah MES-BUMN dalam waktu dekat.
Foto: Foto : MgRol112
Saham, (ilustrasi). Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) segera meluncurkan indeks saham syariah MES-BUMN dalam waktu dekat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) segera meluncurkan indeks saham syariah MES-BUMN dalam waktu dekat. Rencananya indeks tersebut akan dinamai IDX-MES BUMN 17 yang berisi 17 saham syariah emiten perusahaan BUMN.

Sekretaris Jenderal MES, Iggi Haruman Achsien menyampaikan rencana ini sudah dikomunikasikan dengan Bursa Efek Indonesia (BEI). Menurutnya, pihak BEI telah menyambutnya dengan baik. Indeks tersebut juga merupakan salah satu target 100 hari MES.

Baca Juga

 

"Jika tidak ada halangan, kami akan luncurkan di bulan Ramadhan," katanya kepada Republika, Senin (22/3).

Saat ini, indeks saham syariah yang ada di BEI yaitu Indeks Saham Syariah (ISSI) yang meliputi seluruh emiten saham syariah, JII70 yang terdiri dari 70 saham syariah terbaik dari sisi kinerja dan likuiditas, dan Jakarta Islamic Index (JII) yang berisi 30 saham syariah dengan kinerja keuangan baik dan likuiditas transaksi yang tinggi.

BUMN sendiri sudah memiliki indeks sendiri yakni IDXBUMN20 yang mengukur kinerja harga dari 20 saham perusahaan tercatat yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan afiliasinya. IDX-MESBUMN17 akan mengukur kinerja harga dari 17 saham syariah yang merupakan BUMN dan afilisasinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement