24 Ramadhan 1442

169 Jamaah Calon Haji Asal Belitung Ikuti Vaksinasi Covid-19

Senin , 22 Mar 2021, 19:13 WIB Redaktur : Muhammad Fakhruddin
169 Jamaah Calon Haji Asal Belitung Ikuti Vaksinasi Covid-19 (ilustrasi).
169 Jamaah Calon Haji Asal Belitung Ikuti Vaksinasi Covid-19 (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,SUNGAILIAT -- Sebanyak 169 jamaah calon haji asal Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengikuti vaksinasi COVID-19 dosis pertama bagi kelompok lansia di sejumlah fasilitas kesehatan di daerah itu.

"Saat ini separuh dari total seluruh calon jamaah haji sudah disuntik vaksin COVID-19," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung, Suyanto di Tanjung Pandan, Senin (22/3).

Menurut dia, penyuntikan vaksin COVID-19 bagi jamaah calon haji asal daerah itu berdasarkan Surat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia nomor HJ.02.02/1/494//2021 tentang vaksinasi COVID-19 bagi jemaah haji lansia dalam mempersiapkan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021.

"Kami menerima surat itu kemudian berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Belitung dan akhirnya bisadilakukan penyuntikan vaksin COVID-19 pada dua lokasi puskesmas," ujarnya.

Suyanto menambahkan, dari total sebanyak 169 calon jamaah haji asal Belitung 57 orang di antaranya merupakan lansia atau berusia di atas 60 tahun.

"Mereka juga disuntik dan hampir separuh sudah selesai hanya beberapa saja mungkin yang belum data laporan seluruhnya nanti di akhir Maret," katanya.

Kendati sudah divaksin, lanjut Suyanto, pihaknya belum dapat memastikan apakah jamaah calon haji asal Belitung akan diberangkatkan pada musim haji tahun ini. "Kami masih menunggu keputusan pemerintah pusat bagaimana semoga saja di awal April ini sudah ada keputusan terkait keberangkatan jamaah," ujarnya.

Dengan demikian, dirinya meminta jamaah calon haji asal Kabupaten Belitung untuk tetap bersabar dan menjaga kesehatan seiring menanti keputusan keberangkatan menuju tanah suci. "Kami imbau untuk tetap bersabar dan tetap menjaga kesehatannya kami juga terus sekarang ini berkomunikasi dengan para jamaah," kata Suyanto.

 

widget->kurs();?>