Selasa 23 Mar 2021 09:13 WIB

Kisah Sufi: Malaikat Turun untuk Tawaf

Para Malaikat bertawaf di Baitullah.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Kisah Sufi: Malaikat Turun untuk Tawaf
Foto: Blogspot
Kisah Sufi: Malaikat Turun untuk Tawaf

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Sahal bin Abdullah at-Tustari adalah seorang sufi yang pertama kali menulis tafsir Alquran dalam pandangan tasawuf. 

Abdurrahman Ahmad As-Sirbuny alam bukunya 198 kisah Haji Wali-Wali Allah mengatakan, Sahal juga merupakan peletak dasar ajaran madzhab tasawuf Salimiyah. Dia lahir di Tustar tetapi lebih banyak tinggal di Basrah.

Baca Juga

"Dia memulai perjalanannya ke Makkah pada usia 16 tahun di dampingi Syekh Muhammad bin Muhammad bin Sawwar. Dia juga belajar kepada Jun Nun al-Mishri seorang Sufi besar," katanya.

Sahal bercerita menurutnya merupakan suatu kehinaan bagi seorang wali Allah bergaul dengan orang banyak dan satu kemuliaan baginya bersendirian dalam kesunyian. Menurutnya, sedikit sekali para wali Allah yang tidak suka kesunyian.

 

"Kecuali Abdullah bin Saleh," kata Sahal.

Sahal mengatakan, Abdullah bin Saleh pernah hidup menyendiri dan mengembara seorang diri dari kota ke kota lainnya. Sehingga sampailah dia di Kota Makkah Al-Mukaromah dan di sana dia tinggal untuk beberapa lama. 

Ketika Sahal menunaikan Haji, bertemu dengan Abdullah Saleh dan bertanya "Kalau aku perhatikan tampaknya engkau akan tinggal lama di sini tanya?"

Abdullah bin Saleh menjawabnya  "Mengapa tidak? Aku tidak pernah mendapati kota seperti ini, tempat Allah menurunkan rahmat dan berkah-Nya yang tidak terkira. Di sini Malaikat turun siang dan malam." 

Abdullah bin Saleh mengatakan bahwa ia melihat beberapa masalah yang menakjubkan terjadi di sini. Para malaikat melakukan tawaf dengan berbagai cara di Baitullah. 

"Jika aku ceritakan kisah ini kepada orang-orang yang tidak memiliki iman yang sejati, pasti mereka tidak akan mempercayainya,"

Sahal berkata, "Demi Allah, ceritakanlah suatu yang menakjubkan itu," pinta Sahal.

Abdullah bin Saleh bercerita setiap wali Allah yang mulia akan berkumpul di sini pada hari Kamis malam Jumat. Rasa ingin melihat mereka itulah yang menyebabkan ia berhasrat kuat ingin berada di Makkah selamanya. 

Di antara mereka, ia pernah berjumpa dengan seorang wali Allah yang bernama Malik bin qasim al-Jalil. Suatu ketika, dari tangannya ia mencium bau masakan daging, maka ia bertanya kepada Malik.

"Apakah engkau terlebih dahulu makan sebelum datang ke sini." 

Dia menjawab, "Astagfirullah. Sebenarnya sudah seminggu aku tidak makan apapun. Namun, baru saja aku memberi makan Ibuku kemudian aku datang kesini tergesa-gesa, agar aku dapat salat subuh bersama-sama jamaah."

Abdullah berkata, "Wahai Sahal padahal jarak antara rumah Malik bin Qasim di Makkah kira-kira 900 farsakh dan sati farsakh sama dengan 8 km.  Dengan demikian dia berjalan kurang lebih 7.200 km."

Kemudian Abdullah bertanya apakah engkau mempercayai ceritaku?"

"Ya, aku percaya,"Jawab Sahal at Tustari.

"Alhamdulillah aku telah bertemu dengan seorang mukmin,"Sahut Abdullah

 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement