Selasa 23 Mar 2021 09:26 WIB

WHO: Afrika tidak Tolak Vaksin AstraZeneca

Penasihat WHO meyakinkan tentang keamanan vaksin AstraZeneca.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Vaksin AstraZeneca
Foto: Republika
Vaksin AstraZeneca

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan tidak ada negara Afrika yang menolak vaksin AstraZeneca. Vaksin yang dikembangkan bersama Oxford University itu tengah disorot menyusul munculnya kasus pembekuan darah pada beberapa orang pasca-vaksinasi.

"Semuanya telah kembali normal, kami tidak memiliki negara yang menolak (vaksin) AstraZeneca di benua Afrika," kata asistern direktur jenderal WHO untuk akses obat Mariangela Simao pada Senin (22/3).

Baca Juga

Penasihat senior WHO Bruce Aylward pun meyakinkan tentang keamanan vaksin AstraZeneca. "Ada banyak kepercayaan pada vaksin Covid-19 AstraZeneca," ujarnya.

Pekan lalu, belasan negara di dunia menangguhkan penggunaan vaksin AstraZeneca. Hal itu menyusul ditemukannya kasus pembekuan darah pada beberapa orang yang telah menerima dosis pertama vaksin tersebut.

Badan pengawas obat Uni Eropa telah melakukan peninjauan terhadap kasus tersebut. Mereka tak dapat mengesampingkan kemungkinan keterkaitan antara vaksinasi dan penyebab pembekuan darah. Namun, mereka menekankan bahwa manfaat vaskin lebih besar daripada kemungkinan risikonya.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement