Selasa 23 Mar 2021 16:08 WIB

Ridwan Kamil Minta Warga Tak Bingung Jadwal Vaksin Berubah

Antibodi yang akan dihasilkan berbeda-beda.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Rahmat Santosa Basarah
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Foto: Edi Yusuf/Republika
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil meminta masyarakat agar tak bingung terkait pemberian vaksin Corona Sinovac dosis kedua pada usia 18-59 tahun. Sebelumnya  ditetapkan 0-14 hari namun kini interval vaksin Corona pada usia 18-59 tahun diperpanjang, sama dengan lansia yakni 28 hari. "Ikuti saja sesuai panggilan itu pasti keputusan medis. Jadi revisi-revisi itu warga jangan bingung, jadi keputusan perubahan itu sudah dipikirkan," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil kepada wartawan, ketika dimintai tentang interval Vaksin Sinovac diperpanjang dosis dua diberikan usai 28 hari, Selasa (23/3).

Emil mengatakan vaksin virus corona yang digunakan oleh Indonesia beragam jenisnya. Sehingga, antibodi yang akan dihasilkan berbeda-beda. Yakni, ada yang tumbuh 14 hari ada yang tumbuhnya 28 hari. "Contohnya akan ada perintah dari WHO disuntiknya tiga kali untuk vaksin-vaksin tertentu itu namanya booster, dua kali antibodinya ada, tapi supaya panjang ada suntikan ketiga," katanya.

Selain itu, kata dia, satu tahun setelahnya ada wacana di dunia, ada teori begitu juga. "Jadi, ya jangan kaget kalau ada perubahan yang penting divaksinnya. Karena tidak mungkin pemerintah memutuskan hal yang tidak ilmiah," katanya.

Sebelumnya, perubahan interval vaksin tercantum dalam Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/I/653/2021 terkait Optimalisasi Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19, ditandatangani Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu, 15 Maret lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement