Selasa 23 Mar 2021 23:08 WIB

Seperti Apa Penampakan Buraq? Ini Penjelasan Pakar Hadits

Buraq merupakan kendaraaan yang digunakan saat Isra Miraj

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Buraq merupakan kendaraaan yang digunakan saat Isra Miraj. Ilustrasi Isra MIraj
Foto: sciencemuseum.org.uk
Buraq merupakan kendaraaan yang digunakan saat Isra Miraj. Ilustrasi Isra MIraj

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Isra dan Miraj merupakan peristiwa besar bagi umat Islam. Sebab Allah SWT menurunkan perintah kepada Rasulullah berupa sholat lima waktu yang wajib dilaksanakan seluruh umat Islam di belahan bumi manapun.  

Kisah Isra Miraj juga tak lepas dari sosok yang dinamakan buraq. Dengan menunggangi buraq lah Rasulullah melakukan Isra Miraj yakni perjalanan dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjid Aqsa di Yerusalem dan dari Masjid Aqsa ke Sidratul Muntaha dengan begitu cepatnya. Lalu apakah buraq itu? Apakah buraq itu hanya pengistilahan dari cahaya atau kah buraq itu secara fisik memang ada? 

Baca Juga

Pakar hadits yang juga pendiri Pusat Kajian Hadits (PKH) Jakarta, KH Ahmad Lutfi Fathullah, menerangkan bahwa buraq itu bukanlah cahaya atau kilat. Sebab Rasululah di Isra dan Miraj-kan Allah SWT adalah jasad dan ruhnya. Buraq juga bukan berbentuk setengah manusia setengah hewan. 

Kiai Lutfi menjelaskan dalam beberapa hadits dijelaskan tentang buraq adalah hewan yang mirip dengan kuda. Rasulullah menunggangi buraq dan dibawa dengan sangat cepat secara sadar hingga Sidratul Muntaha.   

 

"Bentuk fisiknya seperti kuda tapi bukan kuda. Kita hanya bilang Rasulullah dibawa kendaraan dan kendaraannya berbentuk binatang. Rasulullah dalam keadaan sadar, karena Rasulullah lihat sendiri beberapa kejadian," kata kiai Lutfi kepada Republika belum lama ini.  

Diriwayatkan dalam beberapa hadits bahwa buraq itu hewan tunggangan berwarna putih, lebih pendek dari bighal dan lebih tinggi dari pada keledai. 

Sekali buraq melangkah jaraknya sejauh mata memandang. Hewan buraq disebutkan juga hewan yang dikirim dari surga. Sebuah riwayat menjelaskan bahwa buraq mulanya sulit dinaiki, namun mengetahui yang akan menunggangi adalah manusia terpilih dan mulia, buraq pun penuh takzim kepada Rasulullah. 

Menurut kiai Lutfi yang juga menjadi renungan adalah Rasulullah yang terlindungi dalam perjalanan yang sangat  cepat dari buraq. "Kita mungkin tak bisa membayangkan kendaraan atau hewan yang bisa melindungi orang yang ada di dalamnya entah dengan sayapnya atau dengan apanya sehingga mampu untuk  terlindungi dengan kecepatan yang luar biasa tadi. Kalau kita lihat pesawat luar angkasa misalnya itu kan semuanya harus pakai dinding entah kaca entah apa, nah apakah buraq ini berdinding, secara tekstual tidak yang dijelaskan. Wallahualam," katanya.      

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement