Rabu 24 Mar 2021 14:45 WIB

Ini Jenis Roti yang Bisa Merusak Kesehatan

Saat memilih roti, jangan lupa untuk memperhatikan kandungan serat di dalamnya.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Roti (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Roti (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Roti kerap dipandang sebelah mata sebagai makanan yang tak menyehatkan. Padahal dengan pemilihan jenis yang tepat, konsumsi roti dapat membantu tubuh terasa lebih sehat dan berenergi.

Menurut studi terbaru dalam British Medical Journal (BMJ), jenis roti yang dinilai kurang baik bagi kesehatan adalah roti yang terbuat dari biji-bijian olahan (refined grains) seperti roti putih. Konsumsi roti seperti ini tampak berkaitan dengan peningkatan risiko kematian dan penyakit kardiovaskular.

Studi ini melibatkan 148.858 partisipan. Selama studi berlangsung, peneliti melakukan pemantauan konsumsi biji-bijian utuh (whole grains) dan olahan yang dilakukan oleh para partisipan.

Hasil studi menunjukkan bahwa partisipan yang mengonsumsi hampir tujuh porsi biji-bijian olahan per hari atau sekitar 350 gram per hari memiliki risiko kematian yang lebih tinggi. Mereka juga lebih berisiko mengalami kejadian penyakit kardiovaskular yang besar. Peningkatan risiko ini berkaitan dengan tekanan darah sistolik yang lebih tinggi pada partisipan yang banyak mengonsumsi biji-bijian olahan.

Berbeda dengan biji-bijian utuh, biji-bijian olahan melalui sebuah proses yang lebih panjang sebelum dijual ke pasaran dan diolah. Proses ini memisahkan biji dari bagian luarnya seperti bagian kulit (bran), bagian endosperma, dan bagian lembaga (germ).

Ada banyak produk yang terbuat dari biji-bijian olahan dan cukup populer di tengah masyarakat. Salah satunya adalah roti putih. Selain roti putih, pasta putih, nasi putih, dan sereal bergula juga termasuk ke dalam kategori tersebut.

Mengonsumsi produk yang terbuat dari biji-bijian olahan akan mempengaruhi jumlah serat yang masuk ke dalam tubuh. Seperti diketahui, jumlah serat pada produk dari biji-bijian olahan lebih rendah dibandingkan produk dari biji-bijian utuh.

Seperti dilansir di Eat This pada Rabu (24/2), pecinta roti tidak perlu berkecil hati. Sajian roti tetap dapat dinikmati secara sehat melalui pemilihan jenis roti yang tepat. Bila terbiasa mengonsumsi roti putih, coba ganti jenis roti tersebut dengan roti yang terbuat dari biji-bijian utuh seperti roti gandum.

Saat memilih roti, jangan lupa pula untuk memperhatikan kandungan serat di dalamnya. Roti yang memiliki kandungan serat sebanyak tiga hingga lima gram per potong merupakan pilihan terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement