Rabu 24 Mar 2021 16:40 WIB

Tiga Pesantren Ajukan Permohonan Vaksinasi AstraZeneca

Ponpes mengajukan permohonan vaksinasi merujuk hasil Bahtsul Masa’il PWNU Jatim

Rep: Muhyiddin/ Red: Esthi Maharani
Vaksin AstraZeneca COVID-19 di Kelenteng Guru Nanak Gurdwara Sikh, pada hari pertama peluncuran Klinik Vaisakhi Vaisakhi, di Luton, Inggris.
Foto: APAlberto Pezzali
Vaksin AstraZeneca COVID-19 di Kelenteng Guru Nanak Gurdwara Sikh, pada hari pertama peluncuran Klinik Vaisakhi Vaisakhi, di Luton, Inggris.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak tiga Pondok Pesantren di Jawa Timur mengajukan permohonan untuk vaksinasi AstraZeneca. Tiga pondok pesantren tersebut yakni Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Mojo Kediri, Pondok Pesantren Sabilurrosyad Malang, dan Pondok Pesantren Lirboyo.

Pengajuan tersebut dilakukan setelah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menyatakan bahwa jenis vaksin AstraZeneca hukumnya suci dan halal.

Ketua Umum Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Abdul Qodir Ridlwan mengatakan, surat permohonan vaksinasi Covid-19 yang dikirimkannya merujuk hasil Bahtsul Masa’il PWNU Jawa Timur pada 10 Maret 2021 yang menyatakan bahwa vaksin AstraZeneca dan Sinovac hukumnya suci dan tidak najis.

“Maka bersama ini Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri memohon kepada Kementerian Kesehatan untuk berkenan menyelenggrakan vaksinasi untuk seluruh pengurus, pengajar, dan santri Pondok Pesantren Lirboyo,” kata Abdul Qodir dalam keterangan surat permohonannya yang diterima Republika.co.id, Rabu (24/3).

Dengan merujuk pada hasil Bahtsul Masail PWNU Jatim, Pondok Pesantren Sabilurrosyad Malang juga telah mengirimkan surat permohonan yang sama kepada Kementerian Kesehatan. Surat tertanggal 22 Maret 2021 tersebut ditandatangi oleh Ketua Pondok Pesantren Sabilurrosyad, Deky Arfinda dan sekretarisnya, Achmad Fattahurrozak.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Falah Ploso, KH Ahmad Zainuddin menjelaskan bahwa surat permintaan vaksinasi Covid-19 yang telah dibuat pada Selasa (23/3) kemarin sebagai bagian dari usaha menjaga kesehatan para santri dan para ustaz.

“Bersama surat ini kami sampaikan permohonan permintaan vaksin Covid-19 untuk 10 ribu santri dan ustaz Pondok Pesantren Al-Falah Ploso,” kata Kiai Zainuddin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement