Rabu 24 Mar 2021 18:57 WIB

Sudah Seharusnya Umat Islam Peduli Masjidil Aqsa

Alquran menetapkan Masjidil Aqsa sebagai salah satu keberkahan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Sudah Seharusnya Umat Islam Peduli Masjidil Aqsa. Warga Palestina beribadah di luar kompleks Masjidil Aqsa.
Foto: Anadolu/Mostafa Alkharouf
Sudah Seharusnya Umat Islam Peduli Masjidil Aqsa. Warga Palestina beribadah di luar kompleks Masjidil Aqsa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW mengungkapkan Masjidil Aqsa adalah salah satu masjid yang peling penting. Sudah sepantasnya umat Islam di seluruh dunia memperhatikan dan peduli terhadap Masjidil Aqsa.

Sejarawan Islam Ustadz Tiar Anwar Bachtiar menyampaikan, Alquran menetapkan Masjidil Aqsa sebagai salah satu keberkahan. Artinya umat Islam ini akan mendapatkan banyak sekali limpahan karunia dari Allah SWT jika mengikatkan diri dengan Masjidil Aqsa dalam keadaan masjid seperti apa pun.

Baca Juga

Ia menerangkan, dulu Masjidil Haram sedang dikuasai kaum Quraisy dan Masjidil Aqsa ada yang berpendapat sedang dikuasi Romawi atau Persia. Jadi dua masjid ini dulu pernah berada di bawah kekuasaan orang-orang non-Islam.

"Tapi Allah sudah mengatakan saat Rasulullah berjalan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa orang-orang yang mengikatkan diri dengan Masjidil Haram dan Masjidil Aqsa akan akan mendapatkan keberkahan," kata Ustadz Tiar saat Webinar Nasional bertema Urgensi Masjidil Aqsa dalam Sejarah dan Peradaban Islam yang diselenggarakan Lembaga Seni Budaya dan Peradaban Islam (LSBPI) Majelis Ulama Indonesia (MUI), Rabu (24/3).

Ia mengingatkan, sepanjang sejarah, umat Islam dalam keadaan apapun wajib perhatian dan peduli terhadap Masjidil Aqsa dan Masjidil Haram. Apabila Masjidil Haram berada di bawah kekuasaan musuh, sudah jadi kewajiban umat Islam mengaitkan diri pada masjid tersebut.

Ia menegaskan, begitu juga bila Masjidil Aqsa ada di bawah kekuasaan musuh atau kekuasaan umat Islam, kewajiban Muslim untuk mengikatkan diri dengan masjid itu. Artinya, umat Islam harus punya kepedulian dan memiliki perhatian terhadap Masjidil Aqsa.

"Dalam keadaan Masjidil Aqsa terjajah dan tidak berada di bawah penguasaan umat Islam, tentu kepedulian kita adalah bagaimana supaya Masjidil Aqsa ini kembali ke tangan umat Islam," ujarnya.

Ustadz Tiar mengatakan, sekalipun Masjidil Aqsa sudah berada di bawah kekuasaan umat Islam, semua Muslim tetap wajib peduli terhadap Masjidil Aqsa. Supaya umat Islam memakmurkan Masjidil Aqsa, sehingga masjid ini menjadi salah satu bagian yang melekat di dalam kehidupan umat Islam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement