Rabu 24 Mar 2021 21:01 WIB

Dorong UMKM Go Digital, Askrindo Gelar 'Creativepreneur'

Pedagang yang memasuki dunia e-commerce perlu melakukan inovasi.

Webinar Creativepreneur.
Foto: Dok. Bumn
Webinar Creativepreneur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo, anggota dari Indonesia Financial Group kembali melakukan upaya nyata dalam mendukung berkembangnya UMKM di Indonesia. Hal itu tergambar pada kegiatan webinar yang dilaksanakan pada hari ini yang bertema “Semua Mulai dari Nol”. Sebanyak 627 peserta mengikuti webinar diselenggarakan via zoom meeting dan disiarkan melalui youtube channel official Askrindo.

Webinar creativepreneur berbasis e-commerce tersebut menghadirkan narasumber yang kompoten dibidangnya. Ledi Marina selaku host pada acara tersebut mampu membuat webinar semakin semarak ketika Merry Riana memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM untuk tetap melangkah maju di era tekonologi dan di masa pandemi seperti sekarang ini. 

Diskusi ini dihadiri Komisaris Independen PT. Askrindo yang juga mantan Staf Khusus Bekraf Kemal Arsjad. Beliau ikut berbagi kisah dan mendorong para pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan keunggulan era 4.0 guna mengembangkan usahanya lebih luas dengan cara yang mudah. Dalam webinar tersebut, Kemal mengatakan terdapat tiga hal utama yang perlu diperhatikan dalam membangun UMKM melalui e-commerce, yaitu Data, Daya dan Dana.

“Di era serba cepat seperti sekarang ini para pelaku usaha dengan mudah mendapatkan data untuk keperluan pemasaran dan pengembangan usahanya. Akan tetapi masih juga diperlukan daya upaya yang pantang menyerah untuk dapat mencapai tujuan, sehingga dengan dana atau modal yang cukup, UMKM yang mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan digital ini pasti bisa bertahan dan mampu bersaing," ucap Kemal Rabu (25/3).

Tidak ketinggalan, Agus Pribadi selaku SME Sales Channel Lead dari platform jual beli BliBli Galeri Indonesia juga membagikan pengetahuannya dan tips terkait digitalisasi UMKM. Menurutnya, para pedagang yang memasuki dunia e-commerce perlu melakukan inovasi dan promosi yang terus menerus. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan para  pembeli akan berdatangan melalui akun e-commerce yang dimilikinya. 

Tidak hanya memberikan motivasi melalui webinar, Askrindo juga turut mendaftarkan para pelaku UMKM yang mengikuti webinar tersebut. Tercatat sampai kegiatan webinar ini selesai sudah terdapat 300 lebih UMKM yang didaftarkan ke platform e-commerce dan juga Pasar Digital (PaDi) yang merupakan platform UMKM Digital dari Kementerian BUMN.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement