Rabu 24 Mar 2021 21:24 WIB

Muhammadiyah akan Sosialisasi Bacaan Alquran Irama Nahawand

Bacaan Alquran irama Nahawand akan disosialisasikan Muhammadiyah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Muhammadiyah akan Sosialisasi Bacaan Alquran Irama Nahawand. Foto: Ilustrasi Alquran
Foto: pxhere
Muhammadiyah akan Sosialisasi Bacaan Alquran Irama Nahawand. Foto: Ilustrasi Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surakarta menerima rekaman bacaan Alquran dengan irama Nahawand dari Perusahaan Umum Percetakan Negara Republik Indonesia (Perum PNRI) Cabang Solo yaitu Lokananta pada Rabu (24/3). Rekaman tersebut berbentuk cakram padat (CD) berisi bacaan Alquran dengan irama Nahawand  yang dibawakan oleh para guru Muhammadiyah.  

CD berisi rekaman Alquran irama Nahawand tersebut memang merupakan projek kerja sama antara Dikdasmen PDM Surakarta dengan Lokananta. Sebelumnya guru mengikuti pembinaan sebanyak 40 kali untuk mempersiapkan perekaman.  

Baca Juga

Ketua Majelis Dikdasmen PDM Solo, Tridjono mengatakan program rekaman atau pembuatan CD bacaan Alquran masih berlanjut kedepannya untuk tahap perbaikan. Harapannya ke depan untuk diadakan pertemuan dengan perwakilan sekolah-sekolah, mewariskan kegiatan tersebut.

“Irama nahawand dapat diaplikasikan di sekolah Muhammadiyah,” ujar Tridjono dalam pers rilis yanh diterima Republika, pada Rabu (24/3).

Tridjono mengatakan kedepannya Dikdasmen PDM Solo berencana menyosialisasikan bacaan Alquran dengan irama nahawand ke sekolah-sekolah di bawah naungan Muhammadiyah. Sosialisasi rencananya akan dilakukan di Gedung Pusdiklat Muhammadiyah Darmo Tjahjono Surakarta.

"Perlunya diadakan lomba tahsin irama nahawand yang di ikuti, perwakilan 1 siswa per sekolah, sebagai tolak ukur, sejauh mana partisipasi dalam membumikan irama nahawand. Dilakukan setelah sosialisasi jeda dua pekan," katanya.

Lokananta sendiri merupakan salah satu studio rekaman tertua di Indonesia yang mempunyai sejarah panjang dalam perkembangan musisi nasional. Lokananta masih menyimpan puluh ribu koleksi mulai dari pita reel, piringan hitam, kaset, sampai CD

“Lokananta tidak hanya rekaman cetak kaset tapi juga melayani hal yang berhubungan dengan bidang multimedia seperti rekaman murotal, dakwah, streaming live dan lain sebagainya. Yang intinya sebagai wujud optimalisasi ruang studio,”Ujar N Andi Kusuma Asesmen, Marketing Lokananta Perum Percetakan Negara RI Cabang Surakarta.

“Digitalisasi koleksi rekaman, salah satu bentuk upaya penyelamatan koleksi. Membantu musisi di masa depan sebagai bahan referensi yang berguna sebagai pemeliharaan dan perawatan,” tambahnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement