Calon Jamaah Haji Bangka Barat Jalani Vaksinasi Covid-19

Rabu , 24 Mar 2021, 21:52 WIB Redaktur : Nashih Nashrullah
Vaksinasi Covid-19 calhaj Bangka Barat antisipasi haji 2021. Ilustrasi vaksin.
Vaksinasi Covid-19 calhaj Bangka Barat antisipasi haji 2021. Ilustrasi vaksin.

IHRAM.CO.ID, BABEL— Para calon jamaah haji Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 guna melindungi dari risiko penularan virus corona jenis baru.

 

Terkait

"Pemberian vaksin ini juga sebagai salah satu persiapan sebelum mereka diberangkatkan ke tanah suci," kata Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, M Putra Kusuma, di Mentok, Rabu.

Baca Juga

Dia menjelaskan, suntikan vaksin tahap pertama tersebut diberikan kepada sebanyak 109 orang calon jamaah haji yang sudah disiapkan untuk diberangkatkan pada tahun ini.

"Pelaksanaan vaksinasi kepada para calon jamaah haji ini kami laksanakan di puskesmas yang terdekat dengan lokasi tempat tinggal mereka," katanya.

Menurut dia, para calon jamaah haji di daerah itu sebagian merupakan warga lanjut usia dan perlu mendapatkan perlindungan untuk mengurangi risiko penularan, baik saat berada di daerah maupun mereka jadi diberangkatkan ke Arab Saudi.

Saat ini Pemerintah Indonesia masih menunggu kepastian dari Pemerintah Arab Saudi terkait pelaksanaan ibadah haji 2021.

"Meskipun belum ada kejelasan terkait pemberangkatan, namun pemerintah berupaya agar mereka siap dan sudah jauh-jauh hari kami berikan vaksin karena mereka sebagian besar lanjut usia dan sesuai aturan jangka waktu pemberian vaksin tahap dua 28 hari setelah suntikan pertama," katanya.

Dia menyebutkan pemberian vaksin kepada para calon jamaah haji hari ini berbarengan dengan pelaksanaan vaksin Covid19 kepada para guru di daerah itu."Untuk jumlah guru yang diberikan vaksinasi hari ini sebanyak 365 orang dan kami akan terus memberikan vaksinasi secara bertahap kepada para calon penerima sesuai dengan kelompok masing-masing," katanya.