Sabtu 27 Mar 2021 04:04 WIB

Turki: Israel Terlantarkan Orang Palestina hingga Mati

Persahabatan parlemen Turki-Palestina serukan dunia untuk mengungkap kejahatan Israel

Red: Nur Aini
Kepala kelompok persahabatan parlemen Turki-Palestina Hasan Turan pada Kamis (25/3) mengatakan Israel membiarkan warga Palestina mati di tengah pandemi Covid-19.
Kepala kelompok persahabatan parlemen Turki-Palestina Hasan Turan pada Kamis (25/3) mengatakan Israel membiarkan warga Palestina mati di tengah pandemi Covid-19.

 

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Kepala kelompok persahabatan parlemen Turki-Palestina Hasan Turan pada Kamis (25/3) mengatakan Israel membiarkan warga Palestina mati di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga

"Israel tidak bisa membantai rakyat Palestina dengan bom dan peluru, tetapi (sekarang) membuat mereka mati perlahan saat melawan Covid-19," kata Turan kepada wartawan di parlemen Turki.

Turan berterima kasih kepada Ketua Parlemen Turki Mustafa Sentop, yang mengirim surat kepada pejabat Israel tentang vaksinasi tahanan Palestina.

"Israel, yang mengadopsi sikap tirani semacam ini dalam situasi kemanusiaan seperti itu, menghina keputusan organisasi internasional, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia dan Perserikatan Bangsa-Bangsa," kata Turan.

Ketua Parlemen Turki Sentop pada Rabu mengatakan bahwa dirinya telah mengirim surat kepada Ketua Parlemen Israel Yariv Levin tentang desakan vaksinasi terhadap tahanan Palestina di penjara Israel, dai mencatat bahwa ini adalah masalah kemanusiaan.

Turan meminta dunia untuk menyuarakan kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan oleh Israel di Palestina.

“Jangan lupa bahwa perdamaian dunia tidak bisa tercapai kecuali perdamaian di Timur Tengah dan Palestina tercapai. Kemerdekaan Palestina adalah kebutuhan historis dan kemanusiaan,” ujar dia.

Israel adalah salah satu negara terdepan dalam memvaksinasi penduduknya. Hampir separuh populasinya telah menerima dosis pertama vaksin Covid-19.

Sementara itu, wilayah tetangganya Palestina sedang berjuang untuk mengamankan pasokan vaksin mereka sendiri.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/turki-israel-terlantarkan-orang-palestina-hingga-mati-di-tengah-pandemi/2188631
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement