25 Ramadhan 1442

Kapuskes Haji: 57.630 Calhaj Lansia Prioritas Vaksinasi

Jumat , 26 Mar 2021, 21:51 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Eka Jusup Singka, menyatakan pemerintah menargetkan vaksinasi calhaj rampung Mei mendatang
Foto : istimewa
Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Eka Jusup Singka, menyatakan pemerintah menargetkan vaksinasi calhaj rampung Mei mendatang

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi calon jamaah haji Indonesia ditargetkan berlangsung sampai Mei 2021. Kelompok lanjut usia (lansia) menjadi prioritas dan diintegrasikan dengan sistem pelayanan yang ada.

"Masyarakat dengan usia di atas 60 tahun atau lansia ini memiliki potensi yang lebih berat jika terkena Covid-19, dibandingkan yang lebih muda. Karena itu, negara memprioritaskan golongan ini dengan tujuan memperkecil angka kematian akibat Covid-19," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan, Eka Jusuf Singka, dalam webinar bertajuk Vaksinasi Covid-19 Jamaah Haji Khusus, Apa dan Bagaimana?, Jumat (26/3).

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian Agama (Kemenag), saat ini ada 158.871 jamaah haji reguler dan 14.289 jamaah haji khusus yang sudah terdaftar untuk mendapatkan vaksinasi. Total jamaah kategori lansia untuk haji reguler sebanyak 54.294 orang, sementara haji khusus sebanyak 3.336.

Eka menyebut vaksinasi Maret hingga April difokuskan untuk kategori lansia. Sementara April sampai Mei akan ditujukan bagi kelompok masyarakat rentan dann jamaah haji usia 18 hingga 59 tahun.

Baca Juga

"Komitmen Kemenkes, semua divaksinasi. Yang usia di bawah 60 tahun dan akan diberangkatkan sesuai kuota juga akan memperoleh vaksin," lanjutnya.