Sabtu 27 Mar 2021 19:03 WIB

Belajar Manasik Haji Sambil Rekreasi

Manasik Haji Sambil Rekreasi

Rep: Eva Rianti/ Red: Muhammad Subarkah
Sejumlah calon jamaah haji saat mengikuti manasik haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah calon jamaah haji saat mengikuti manasik haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

IHRAM.CO.ID, -- Lokasi manasik haji kerapkali menjadi tempat yang khusus dimanfaatkan untuk belajar seputar haji atau umrah bagi umat Muslim yang akan bertandang ke Makkah. Sedikit berbeda, selain menjadi tempat belajar, lokasi manasik haji yang lebih dikenal sebagai wisata 'Replika Ka'bah' di Lubana Sengkol, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan disulap menjadi wisata religi.

Republika berkesempatan mengunjungi tempat seluas 2,5 hektar yang yang dikelola oleh Al-Mahmudah Training Center (AMTC) tersebut. Dari arah luar, tampak tempat wisata religi itu notabene didesain dengan warna seragam, yakni cokelat bata berpadu dengan warna hijau dan cream. Saat memasuki lokasi, pengunjung langsung disuguhkan dengan pemandangan replika Zamzam Tower yang didesain mirip dengan Zamzam Tower yang ada di depan Masjidil Haram.

Menuju ke arah dalam, ada banyak titik bagian replika yang menunjang serangkaian ibadah haji. Mulai dari replika ka’bah, sa’i, hingga jumrah. Replika ka’bah berada tepat di sisi tengah, lengkap dengan replika hajar aswad, maqam Ibrahim, dan hijr Ismail. Informasi dari AMTC menyebut, replika ka’bah tersebut memiliki tinggi sekitar 7 meter, atau memiliki perbandingan 1:2 dengan ka’bah di Mekkah.

Bergerak ke arah timur terdapat replika sa’i yang memiliki memiliki panjang sekitar 50 meter, berbanding 1 : 10 dengan lokasi sa’i di Makkah yang memiliki panjang sekitar 500 meter. Pada tiap sisi ujung kanan dan kiri terdapat replika bukit shafa dan marwah. Tempat itu dilengkapi dengan tekstur jalan yang agak menanjak serta lampu hijau yang berfungsi sebagai penanda untuk mempercepat langkah ataupun berlari-lari kecil saat melakukan ibadah sa’i.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement