10 Ramadhan 1442

Masjid West Midlands Dirikan Bank Makanan Baru

Senin , 29 Mar 2021, 15:01 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Esthi Maharani
Bank makanan
Bank makanan

IHRAM.CO.ID, LONDON -- Sebuah masjid lokal di Coventry, West Midlands menyediakan dan menyalurkan makanan untuk mereka yang kurang beruntung selama pandemi Covid-19. Masjid Al-Madinah Institute di Foleshill bahkan juga mendirikan dapur umum permanen baru akhir pekan ini.

"Kami ingin melakukan ini untuk menandai satu tahun sejak penguncian dan pandemi virus corona, kami pikir kami akan melakukan inisiatif baru," kata Imam Shayk Nabeel kepada CoventryLive, dilansir dari About Islam, Senin (29/3).

Nabeel berujar, bahwa upaya penyaluran makanan tersebut masih akan terus berlanjut dengan dukungan komunitas muslim untuk membantu mereka berjuang melewati pandemi ini.

Menurutnya, dapur umum telah dibuka pada Sabtu, 27 Maret, dan akan menjadi perlengkapan permanen di kota itu. Pihaknya juga telah meminta arsitek untuk datang dan merancang food court.

"Saya sangat bersemangat tentang ini dan sesuatu yang ada dalam pikiran saya untuk sementara waktu dan kami perlahan mulai mendapatkan tempatnya. Ini bukan hanya untuk tunawisma dan orang-orang yang membutuhkan, ini terbuka untuk semua orang,” katanya.

Imam Nabeel berujar, bahwa memberi makan mereka yang kurang beruntung adalah prinsip utama dalam Islam. "Kami mencoba berbuat baik untuk orang, berbuat baik untuk ciptaan-Nya," ujar Nabeel.

"Islam mengakui pentingnya ketahanan pangan dan karenanya, menganggapnya sebagai berkah besar yang harus kita hargai dan capai," tambahnya.

Allah berfirman dalam Al Qur'an, "Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan (pemilik) dari Rumah ini (Ka'bah) yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan membuat mereka aman dari rasa takut," (Quraisy ayat 3-4)

Kebersamaan dan kepedulian anggota masyarakat, kata Nabeel adalah salah satu cara yang digunakan Islam untuk memerangi kelaparan.

Tindakan masjid Coventry ini bukanlah yang pertama di Inggris. Ada banyak masjid-masjid serupa di Inggris yang melakukan hal tersebut.

Setahun yang lalu, Masjid Agung Leeds meluncurkan proyek amal untuk memberi makan mereka yang membutuhkan selama pandemi COVID-19. Di Norwich, sebuah restoran Muslim lokal telah membagikan makanan hangat gratis kepada yang membutuhkan.

Pada Desember 2020, Masjid Rose Lane bekerja sama dengan The East Anglian Bangladesh Trust dan dengan St Martins Housing Trust menyediakan 120 makanan  setiap minggu untuk para tunawisma.

 

widget->kurs();?>