22 Lansia Calon Haji di Bangka Belitung Sudah Vaksinasi

Senin , 29 Mar 2021, 16:07 WIB Redaktur : Muhammad Fakhruddin
22 Lansia Calon Haji di Bangka Belitung Sudah Vaksinasi (ilustrasi).
22 Lansia Calon Haji di Bangka Belitung Sudah Vaksinasi (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,PANGKALPINANG -- Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sebanyak 22 calon haji lanjut usia di wilayahnya telah menjalani vaksinasi COVID-19.

 

Terkait

"Sambil menunggu keputusan Pemerintah Arab Saudi soal ibadah pelaksanaan haji 2021, kita sudah mulai memvaksinasi COVID-19 calhaj (calon haji) tahun ini," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Andi Budi Prayitno di Pangkalpinang, Senin (29/3).

Calon haji yang berusia lanjut, ia mengatakan, diprioritaskan mendapat vaksinasi COVID-19 karena mereka lebih rentan tertular virus corona. "Alhamdulillah kegiatan vaksinasi kepada calhaj lansia ini berjalan dengan lancar dan ditargetkan seluruh calhaj selesai divaksinasi sebelum keberangkatan ke Tanah Suci," katanya.

Ia menjelaskan pula bahwa hingga Minggu (28/3) malam, vaksinasi COVID-19 sudah dilakukan pada 9.227 orang dari total 79.288 warga lanjut usia yang menjadi sasaran vaksinasi, termasuk di antaranya warga yang dijadwalkan berhaji tahun ini. "Kami menargetkan Mei tahun ini pemberian vaksinasi kepada lansia ini tuntas," katanya.

Andi menekankan bahwa protokol kesehatan tetap harus dijalankan setelah vaksinasi dilakukan."Bagaimana pun kita tetap harus menjaga diri dari potensi terpapar COVID-19 dan kemungkinan bahwa virus ini telah beradaptasi atau bermutasi mengingat di Babel saat ini penularannya tidak lagi didominasi oleh kasus impor, namun sudah terjadi kasus transmisi lokal cukup banyak," katanya.

"Kita tak boleh lengah maupun panik, harus tetap awas, waspada, dan juga peduli," ia menambahkan.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini