Selasa 30 Mar 2021 14:26 WIB

Layanan Tes GeNose Kini Hadir di Stasiun Jatibarang

Dengan demikian, terdapat 3 stasiun di wilayah Daop 3 yang melayani Genose.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Friska Yolandha
Layanan tes GeNose C-19 bagi calon penumpang kereta api (KA) kini hadir di Stasiun Jatibarang, Kabupaten Indramayu, mulai Selasa (30/3).
Foto: Antara/Fakhri Hermansyah
Layanan tes GeNose C-19 bagi calon penumpang kereta api (KA) kini hadir di Stasiun Jatibarang, Kabupaten Indramayu, mulai Selasa (30/3).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Layanan tes GeNose C-19 bagi calon penumpang kereta api (KA) kini hadir di Stasiun Jatibarang, Kabupaten Indramayu, mulai Selasa (30/3). Layanan itu mempermudah calon penumpang dalam mendapatkan surat bebas Covid-19, sebagai salah satu persyaratan menaiki KA Jarak Jauh.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto, menjelaskan, tarif yang dikenakan dalam tes GeNose C-19 mencapai Rp 30 ribu. Adapun jam pelayanannya dimulai dari pukul 09.00 WIB-18.00 WIB.

Baca Juga

"Dengan adanya layanan ini, para penumpang bisa memilih antara layanan GeNose atau layanan Rapid Test Antigen dalam mendapatkan surat bebas Covid-19," kata Suprapto, Selasa (30/3).

Suprapto mengatakan, dengan adanya penambahan itu, maka ada tiga stasiun di Wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon yang melayani pemeriksaan GeNose C-19. Yakni, Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan dan Stasiun Jatibarang.

 

"Hasil pemeriksaan GeNose C-19 di tiga stasiun itu dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan KA Jarak Jauh," terang Suprapto.

Sementara itu, sejak diluncurkan pada 15 Februari, sampai 30 Maret 2021, calon penumpang yang menggunakan layanan GeNose di Stasiun Cirebon mencapai 11.685 orang. Sedangkan di Stasiun Cirebon Prujakan, sejak diluncurkan pada 20 Maret hingga 30 Maret 2021, jumlah calon penumpang yang mengikuti tes GeNose C-19 mencapai 1.562 orang.

Untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas. Mereka juga tidak boleh merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement