Selasa 30 Mar 2021 16:05 WIB

Orang yang Dekat Surga dan Jauh dari Neraka

Agama Islam mengajarkan umat manusia menjadi dermawan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Orang yang Dekat Surga dan Jauh dari Neraka
Foto: Pixabay
Orang yang Dekat Surga dan Jauh dari Neraka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang dermawan adalah orang yang murah hati dan suka beramal atau bersedekah. Agama Islam mengajarkan umat manusia menjadi dermawan, sebaliknya melarang umat manusia menjadi bakhil, pelit atau kikir.

Sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, beliau adalah orang yang paling dermawan dan tidak pernah menolak jika dimintai sesuatu. Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya menyampaikan orang dermawan dekat dengan surga dan jauh dari neraka.

Baca Juga

حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَرَفَةَ حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْوَرَّاقُ عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ السَّخِيُّ قَرِيبٌ مِنْ اللَّهِ قَرِيبٌ مِنْ الْجَنَّةِ قَرِيبٌ مِنْ النَّاسِ بَعِيدٌ مِنْ النَّارِ وَالْبَخِيلُ بَعِيدٌ مِنْ اللَّهِ بَعِيدٌ مِنْ الْجَنَّةِ بَعِيدٌ مِنْ النَّاسِ قَرِيبٌ مِنْ النَّارِ وَلَجَاهِلٌ سَخِيٌّ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ عَالِمٍ بَخِيلٍ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ لَا نَعْرِفُهُ مِنْ حَدِيثِ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ إِلَّا مِنْ حَدِيثِ سَعِيدِ بْنِ مُحَمَّدٍ وَقَدْ خُولِفَ سَعِيدُ بْنُ مُحَمَّدٍ فِي رِوَايَةِ هَذَا الْحَدِيثِ عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ إِنَّمَا يُرْوَى عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ عَنْ عَائِشَةَ شَيْءٌ مُرْسَلٌ

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Orang dermawan itu dekat dengan Allah, dekat dengan surga, dekat dengan manusia, dan jauh dari neraka. Sedangkan orang yang bakhil (pelit) itu jauh dari Allah, jauh dari surga, jauh dari menusia, dan dekat dengan neraka. Sesungguhnya orang bodoh yang dermawan lebih Allah cintai dari pada seorang alim yang bakhil." (HR Tirmidzi).

 

حَدَّثَنَا عَبْدَانُ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ أَخْبَرَنَا يُونُسُ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ حَدَّثَنِي عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَأَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ وَكَانَ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَام يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ فَلَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنْ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ

Ibnu 'Abbas, "Nabi Muhammad SAW adalah manusia paling dermawan, terutama pada bulan Ramadhan ketika malaikat Jibril mendatanginya, dan Jibril mendatanginya setiap malam bulan Ramadhan dan dia mengajarkan Alquran kepada Nabi Muhammad SAW. Sungguh Rasulullah SAW ketika didatangi Jibril kedermawanannya jauh melebihi daripada angin yang berhembus." (HR Al Bukhari).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement