Selasa 30 Mar 2021 20:49 WIB

Biden Ajukan Hakim Muslim di Pengadilan Federal

Pemilihan hakim Muslim di pengadilan federal berdasarkan profesionalitas

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nashih Nashrullah
Pemilihan hakim Muslim di pengadilan federal berdasarkan profesionalitas. Bendera Amerika Serikat
Foto: anbsoft.com
Pemilihan hakim Muslim di pengadilan federal berdasarkan profesionalitas. Bendera Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Presiden Amerika serikat (AS), Joe Biden, merilis daftar pertama dari 11 nominasi yudisial federal pada Rabu (31/3). Daftar tersebut termasuk seorang Muslim hingga perempuan kulit hitam untuk lowongan pengadilan wilayah federal. "Daftar calon yang luar biasa ini diambil dari pemikiran terbaik dan paling cemerlang dari profesi hukum Amerika," kata Biden dalam sebuah pernyataan. 

Gedung Putih menyatakan, Zahid N Quraishi yang merupakan hakim New Jersey, akan menjadi Muslim Amerika serikat pertama di negara itu yang melayani di Pengadilan Distrik Federal. Sedangkan Hakim Florence Pan akan menjadi hakim Asia-Amerika pertama yang bertugas di Pengadilan Distrik Amerika serikat untuk Distrik Columbia.

Baca Juga

Sedangkan perempuan kulit hitam yang dinominasikan untuk lowongan pengadilan  federal termasuk Hakim Ketanji Brown Jackson untuk Pengadilan Banding Amerika serikat untuk Sirkuit Distrik Columbia, Tiffany Cunningham untuk Pengadilan Banding Amerika serikat untuk Sirkuit Federal, dan Candace Jackson-Akiwumi untuk Pengadilan Banding Amerika serikat untuk Sirkuit Ketujuh.  

Biden menekankan keragaman latar belakang pengalaman dan perspektif para nominator tersebut untuk menjabat. Daftar yang mencakup sembilan perempuan ini harus dikonfirmasi Senat Amerika serikat.   

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement