Rabu 31 Mar 2021 07:20 WIB

Pencuri Kain Kiswah Ditangkap

Arab Saudi Tangkap Laki-Laki Pencuri Kain Penutup Ka'bah

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Subarkah
  Proses penggantian kain kiswah Kabah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Kamis (30/7).
Foto: EPA-EFE/SAUDI MINISTRY OF MEDIA
Proses penggantian kain kiswah Kabah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Kamis (30/7).

IHRAM.CO.ID,  Abu Dhabi -- Otoritas keamanan Saudi di ibu kota suci Mekkah menangkap dua warga Asia sehubungan dengan kepemilikan tujuh helai kain Ka'bah (Kiswa), saat sedang dikirim ke luar negeri melalui cabang Saudi Post di distrik Al Shasha di Makkah.

"Dua orang Pakistan ditangkap, saat mereka berusaha mengirimkan tujuh potong kain Ka'bah melalui cabang Saudi Post di distrik Al Shasha," kata polisi dilansir dari Gulf News, Jumat (26/3).

Pelaku mengaku bahwa kain ka'bah tersebut telah dibelinya dari penjual di Jalan Indian Nomor 60 seharga 300 riyal Saudi (Rp 1,1 juta). Kini mereka telah ditahan dan tengah menunggu dipindahkan ke Penuntut Umum untuk diinterogasi dan diadili lebih lanjut.

Ka'bah Kiswa diganti setahun sekali pada 9 bulan Dul Hijjah setelah jamaah haji berangkat ke Gunung Arafah, sebagai persiapan menerima jamaah keesokan harinya, yang bertepatan dengan Idul Adha. Warna penutup Ka'bah telah berubah secara teratur selama berabad-abad.

Nabi Muhammad (SAW) menutupinya dengan kain Yaman bergaris putih dan merah, dan Abu Bakar Al Siddiq, Umar ibn Al Khattab, dan Utsman ibn Affan menutupinya dengan warna putih. Ibn Al Zubayr menutupinya dengan brokat merah.

Pada zaman Abbasiyah, ka'bah sekali dibungkus dengan warna putih dan sesekali dengan warna merah, sedangkan di era Sultan Seljuk menutupinya dengan brokat kuning. Kemudian Khalifah Abbasiyah Al Nassir mengubah warna Kiswa menjadi warna hijau, lalu menjadi brokat hitam, dan ini tetap menjadi warnanya hingga hari ini.

Kiswah hitam akhirnya dipilih pada akhir era Abbasiyah karena tahan lama dan tahan disentuh oleh pengunjung, peziarah, dan orang-orang dari budaya yang berbeda dari seluruh dunia.

Dengan berlanjutnya musim Umrah, Kiswa diangkat ke tengah Ka'bah untuk menjaganya dan mencegah orang menyentuhnya. Selama era Saudi, Kiswah telah mendapat perhatian besar. 

Pendiri Saudi Raja Abdul Aziz memberikan arahan untuk pendirian rumah pribadi untuk membuat Kiswa di lingkungan Ajyad dekat dengan Masjid Agung Mekkah. Ini rumah pertama yang didedikasikan untuk menenun Kiswa di Hijaz sejak Ka'bah ditutupi pada era pra-Islam, sampai saat ini.

Itu adalah pabrik tempat Kiswa pertama di era Saudi diproduksi di Makkah. Produksi kemudian dipindahkan ke Umm Al Joud.

Lokasi baru ini dilengkapi dengan mesin-mesin canggih terkini dalam industri tenun pada saat itu dan terus memproduksi Kiswas yang melampaui semua mesin sebelumnya.

 

https://gulfnews.com/world/gulf/saudi/saudi-arabia-men-arrested-for-shipping-7-pieces-of-kaaba-cloth-1.78078734

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement