Rabu 31 Mar 2021 20:57 WIB

Gareth Southgate Jawab Pernyataan Mourinho Soal Kane

Southgate tak mau mengorbankan kepentingan Inggris demi kompromi dengan klub.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.
Foto: AP/Ben Stansall/POOL AFP
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate menegaskan dia tidak akan berkompromi terhadap kepentingan klub demi peluang sukses the Three Lions di pentas internasional. Inggris akan menjalani laga ketiga penyisihan Piala Dunia 2022 zona Eropa. 

Manajer Tottenham Hotspur Jose Mourinho telah blak-blakan meminta Southgate berhati-hati menangani para pemainnya di kamp Inggris. Untuk kualifikasi ini, Mourinho mengatakan dia berharap Inggris akan melindungi Harry Kane, striker the Lilywhites dan pencetak gol terbanyak Liga Primer.

Baca Juga

Southgate sepenuhnya mengistirahatkan Kane untuk kualifikasi Piala Dunia melawan San Marino tengah pekan lalu. Ia kemudian memainkan Kane pada pertandingan Ahad (28/3) di Albania.  

Polandia, yang bertandang ke Wembley pada Kamis (1/4) dini hari WIB, adalah lawan terberat Inggris di Grup dI. Ia memberikan Southgate peluang untuk menurunkan pemain terbaiknya, termasuk Kane yang diperkirakan akan menjadi starter.

“Terus terang setiap negara lain di Eropa bekerja dengan cara yang sama atau mereka memainkan pemain lebih banyak lagi. Jadi kami tidak dapat menghalangi diri kami sendiri dengan selalu mencoba memikirkan tentang bagaimana kami membantu klub,” kata Southgate, dikutip dari Inews.co.uk, Rabu (31/3). “Kami harus memenangkan pertandingan. Ada 60 juta orang menunggu itu."

Selanjutnya, Southgate juga menjelaskan seberapa menyeluruh proses mereka dalam mengidentifikasi beban kerja para pemain yang dipanggil, baik dalam pelatihan maupun pertandingan. Ia mengeklaim telah mengatur para pemain dengan cermat, tidak hanya menit pertandingan mereka tetapi menit latihan mereka.

"Kami juga memperhitungkan seperti apa beban pertandingan mereka selama beberapa bulan terakhir,” lanjut Southgate.  “Itu adalah bagian dari persiapan kami untuk kamp-kamp ini. Kami melakukan itu dengan sangat cermat semampu kami.

Ia merasa tim pelatih Inggris telah melakukannya secara profesional. Ia menegaskan, tidak akan mengambil risiko terhadap pemain dengan cedera apa pun. "Tetapi dengan cara yang sama kami pikir para pemain secara fisik berada di tempat yang baik," kata Southgate.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement