Kamis 01 Apr 2021 08:14 WIB

WTO Proyeksi Perdagangan Global Bakal Pulih Tahun Ini

Vaksinasi yang dipercepat dapat mengembalikan perdagangan ke tren pra-pandemi

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Suasana aktifitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (15/3/2021). rganisasi Perdagangan Dunia (WTO) menaikkan proyeksi pertumbuhan perdagangan barang dagangan global tahun ini menjadi 8 persen.
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Suasana aktifitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (15/3/2021). rganisasi Perdagangan Dunia (WTO) menaikkan proyeksi pertumbuhan perdagangan barang dagangan global tahun ini menjadi 8 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) menaikkan proyeksi pertumbuhan perdagangan barang dagangan global tahun ini menjadi 8 persen. Itu merupakan peningkatan terbesar sejak 2010.

Meski begitu, WTO tetap memperingatkan Covid-19 terus menjadi ancaman terbesar bagi prospek karena gelombang baru infeksi dapat merusak semua harapan pemulihan.

Baca Juga

Dilansir dari Bloomberg, Kamis (1/4), laporan WTO yang dirilis pada Rabu (31/3) menyatakan, perbaikan tersebut menandai prospek positif yang signifikan dari posisi tahun 2020, ketika pandemi membuat kontrak perdagangan global hanya tumbuh 5,3 persen dari sebelumnya 9,2 persen. Pada tahun ini, perdagangan global kemungkinan naik 4 persen dari pertumbuhan tahun lalu.

Direktur Jenderal WTO Ngozi Okonjo-Iweala mengatakan, vaksinasi yang dipercepat dapat mengembalikan perdagangan ke tren pra-pandemi, tetapi peluncuran yang lebih lambat dapat mengakibatkan penurunan dua poin persentase dari perkiraan.

“Pemberian vaksin secara cepat adalah stimulus terbaik untuk pemulihan. Hanya dengan meningkatkan vaksin kita dapat mengembalikan ekonomi dunia ke kecepatan penuh," katanya kepada wartawan dikutip dari Bloomberg.

Produk domestik bruto turun 3,8 persen pada 2020, dan mungkin meningkat 5,1 persen tahun ini dan 3,8 persen pada 2022, menurut WTO.

“Menjaga pasar internasional tetap terbuka akan menjadi penting bagi ekonomi untuk pulih dari krisis ini dan peluncuran vaksin yang cepat, global dan adil merupakan prasyarat untuk pemulihan yang kuat dan berkelanjutan yang kita semua butuhkan,” kata Okonjo-Iweala dalam laporannya.

Lonjakan permintaan barang perdagangan selama paruh terakhir tahun 2020 membantu mengimbangi gangguan awal Covid-19 terhadap perdagangan global dan menghasilkan penurunan tahunan yang lebih teredam daripada resesi besar, ketika perdagangan barang dagangan global turun 12 persen dan PDB menyusut sebesar 2 persen.

Hingga saat ini, lebih dari 2,8 juta orang di seluruh dunia telah meninggal karena Covid-19 dan jumlah infeksi global akan segera melebihi 130 juta. Perkembangan pesat beberapa vaksin dan peluncurannya yang sedang berlangsung di antara negara-negara perdagangan utama akan menambah sekitar 1 poin persentase ke PDB dunia dan sekitar 2,5 poin persentase untuk pertumbuhan perdagangan barang dagangan dunia pada tahun 2021.

Namun demikian, penyebaran varian virus yang lebih menular dan mematikan menimbulkan ancaman berkelanjutan ketika Brasil, Prancis, dan negara-negara lain bergulat dengan meningkatnya beban kasus dan rumah sakit yang kewalahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement