Jumat 02 Apr 2021 06:07 WIB

Angkatan Bersenjata 'Tatmadaw' Mati di Benak Rakyat Mynmar

Ketika Angkatan Bersenjata 'Tatmadaw' Mati di Benak Rakyat Myanmar

Rakyat Myanmar berkumpul untuk memprotes kudeta militer dan penahanan para pemimpin pro-demokrasi di Mandalay, Myanmar, 22 Februari 2021.
Foto: Anadolu Agency
Rakyat Myanmar berkumpul untuk memprotes kudeta militer dan penahanan para pemimpin pro-demokrasi di Mandalay, Myanmar, 22 Februari 2021.

IHRAM.CO.ID, Oleh: Maung Zarni, Koordinator Koalisi Bebas Rohingya yang berbasis di Inggris dan anggota Pusat Dokumentasi Genosida di Kamboja*

LONDON -- Di tengah pembantaian terhadap lebih dari 100 pengunjuk rasa dan warga sipil tak bersenjata di Myanmar pada Sabtu, yang dilaporkan secara luas dan mengundang kecaman keras, sesuatu yang secara historis belum pernah terjadi sebelumnya terjadi.

Tatmadaw, angkatan bersenjata nasional negara itu, mati sebagai lembaga nasional.

Mereka mati di hati dan pikiran mayoritas 54 juta rakyat Myanmar. Ini sebagaimana dibuktikan dalam komentar media sosial, laporan berita berbahasa Burma, siaran langsung Facebook dan laporan berita internasional serta wawancara dengan warga awam dan berbagai organisasi perlawanan bersenjata etnis.

Secara internasional, dalam pernyataan publik yang jarang terjadi, kepala pertahanan dari 12 negara demokratis, termasuk Jepang dan Korea Selatan. Mereka mengutuk keras militer Myanmar atas pembunuhan massal yang tidak masuk akal terhadap warga sipil yang telah disumpah untuk dilindungi oleh semua militer nasional.

Secara terpisah, kepala pertahanan Malaysia, Indonesia, dan Singapura juga menggemakan pernyataan bersama 12 panglima tersebut. Pernyataan itu berbunyi: "Sebagai Panglima Pertahanan, kami mengutuk penggunaan kekuatan mematikan terhadap warga tak bersenjata oleh Angkatan Bersenjata Myanmar dan layanan keamanan terkait.

"Militer profesional mengikuti standar perilaku internasional dan bertanggung jawab untuk melindungi, bukan merugikan orang yang dilayaninya.

"Kami mendesak Angkatan Bersenjata Myanmar menghentikan kekerasan dan bekerja untuk memulihkan rasa hormat dan kredibilitas dari rakyat Myanmar yang telah hilang melalui tindakannya.”

Laporan berita dari Min Aung Hlaing, pemimpin militer Myanmar, sangat tidak masuk akal.

Dia menceritakan parade tahunan pada Hari Angkatan Bersenjata (27 Maret) dan bagaimana pasukannya melindungi rakyat, sementara pada saat yang sama pasukan berseragam hijau membunuh tidak hanya pengunjuk rasa anti-kudeta, tetapi juga anak-anak yang sedang bermain di 44 kota di seluruh penjuru negeri.

Pada 27 Maret 1945, komandan pendiri angkatan darat Mayjen Aung San menyampaikan pidato anti-Fasis yang sangat singkat kepada sekelompok kecil Tentara Pertahanan Burma (BDA) di kaki Pagoda Shwedagon, ikon kota yang paling terkenal di Yangon, dan bergabung dengan Sekutu dalam perang melawan pasukan Fasis Jepang di Burma serta di seluruh Asia Tenggara dan Pasifik.

Selama kediktatoran militer satu partai Jenderal Ne Win setengah abad yang lalu, para pemimpin militer menyalahgunakan Hari Perlawanan Anti-Fasis ini sebagai Hari Angkatan Bersenjata setelah menyuarakan kontribusi dan peran dari aktor sejarah lainnya seperti Komunis Burma, Sosialis dan liberal barat yang menempa perlawanan berbasis luas terhadap musuh bersama, yakni penjajah Fasis Jepang.

Ironisnya, sejarah perlawanan anti-Fasis ini terulang kembali pada hari Sabtu di jalan-jalan Myanmar, dan di ranah media sosial: tagar yang sedang tren di kalangan pengguna Twitter Myanmar adalah #AntiFascistRevolution2021.

Gambar paling menyakitkan yang beredar luas di media sosial adalah gambar tangkapan layar dari kepala pasukan pendudukan Fasis baru, Min Aung Hlaing, yang mengenakan tuksedo putih dan menjadi tuan rumah pesta makan malam saat seluruh masyarakat terhuyung-huyung dalam rasa sakit dan amarah atas pembunuhan 114 warga, termasuk anak kecil berusia 7 tahun.

Setelah parade siang hari, di mana perangkat keras militer buatan Rusia dan China seperti tank, jet tempur dan rudal dipamerkan, panglima militer mengadakan acara mewah yang dihadiri hanya oleh delapan delegasi militer dan diplomatik yang semuanya tetangga dekat seperti Bangladesh, India, Pakistan, Laos, Thailand, Vietnam, China dan India.

Wakil menteri pertahanan Rusia juga bergabung dalam acara tersebut. Dia terbang dari Moskow untuk menerima penghormatan tinggi dan pedang seremonial dari pemimpin fasis Min Aung Hlaing sehari sebelum "Hari Angkatan Bersenjata".

Keduanya terlihat di TV Myanmar sedang memeriksa tampilan botol Coca Cola yang diisi dengan bensin dan potongan kapas yang berfungsi sebagai bom Molotov, serta katapel dan tongkat yang digunakan sebagai senjata oleh pengunjuk rasa untuk melawan infanteri terlatih dan bersenjata yang dikerahkan untuk meredam aksi protes nasional.

Sementara China menjadi pelindung dan tameng politik terpenting militer Myanmar di forum internasional (paling signifikan di Dewan Keamanan), Rusia, Pakistan dan India juga memainkan peran penting sebagai pelatih perwira militer Myanmar dalam berbagai ilmu militer termasuk teknik senjata, intelijen dan lain-lain.

Mungkin sebagian besar Kementerian Pertahanan Myanmar telah menandatangani kontrak dengan mitranya dari Rusia di Moskow untuk memberi perwira militer muda Myanmar pelatihan militer lanjutan di Rusia, sementara akademi militer Myanmar mendirikan departemen bahasa Rusia yang dikelola oleh sejumlah instruktur Rusia.

Faktanya, rezim kudeta Myanmar yakin, dengan alasan yang bagus, dukungan tanpa syarat dari tetangga dekat Myanmar - semuanya rezim otoriter atau otokratis yang dikendalikan militer - dan kekuatan global seperti Rusia dan China.

Melawan kecaman keras dari seluruh dunia terhadap junta militer, para aktor eksternal yang cerdik ini mengirim perwakilan mereka untuk meminjamkan rezim pembunuh yang semakin terisolasi dalam dukungan, pengakuan dan dukungan politik dan diplomatik Myanmar.

Tak heran jika wakil Min Aung Hlaing, Wakil Jenderal Senior Soe Win, mengabaikan peringatan dari PBB yang disampaikan oleh Utusan Khusus PBB Christine Schraner Burgener ketika dia berbicara dengannya di telepon pada 15 Februari.

Jelas, Para pemimpin militer Myanmar tidak terlalu memikirkan "konsekuensi berat" PBB atas penanganan gerakan protes sipil tak bersenjata yang tidak profesional dan mematikan.

Tanpa adanya ancaman nyata akan pertanggungjawaban atas kejahatan militer Myanmar terhadap kemanusiaan yang dilakukan siang dan malam atau bahkan kecaman tertulis tanpa tindakan efektif, tidak dapat dibayangkan apa yang akan terjadi tanpa abstainnya veto dari Rusia dan China.

Sayangnya, komunitas internasional - khususnya Dewan Keamanan, blok regional seperti ASEAN, atau kekuatan global yang pro-hak asasi manusia - belum dapat menghasilkan jenis intervensi terkoordinasi, termasuk secara militer, untuk mengakhiri kekuatan pertahanan nasional Myanmar, yang terus meneror warganya siang dan malam selama sembilan minggu terakhir.

Akan muncul secercah harapan jika pemimpin organisasi etnis bersenjata terbaik Myanmar seperti Dewan Restorasi Negara Bagian Shan atau Tentara Negara Bagian Shan Selatan (RCSS) dan Tentara Arakan secara terbuka berbicara tentang persatuan untuk menyerang musuh bersama, yaitu bekas angkatan bersenjata nasional Myanmar.

Jenderal Yawd Serk, pemimpin Shan dan ketua RCSS, menangkap sentimen publik yang berlaku ketika dia mengatakan kepada Reuters pada Hari Perlawanan Anti-Fasis negara itu. Katanya, "kita perlu bergandengan tangan dan menyakiti mereka yang telah menyakiti rakyat."

Tentara Pembebasan Nasional Karen, gerakan bersenjata etnis tertua (diambil dari kelompok minoritas Karen yang melancarkan pemberontakan bersenjatanya melawan negara pusat hanya beberapa bulan setelah kemerdekaan negara itu dari Inggris pada 1948). Tentara ini merebut benteng militer pasukan Myanmar yang menewaskan belasan orang dan menahan 15 tentara yang menyerah sebagai tawanan pada Sabtu.

Pada Minggu, junta melancarkan serangan udara terhadap desa-desa Karen, di sepanjang perbatasan Thailand-Burma sebagai pembalasan atas kekalahan mereka yang memalukan. Sementara, pemimpin kudeta Min Aung Hlaing memberikan pidato parade tahunan kepada ribuan pasukan di Naypyidaw.

Melihat tindakan pembunuhan massal terhadap penduduk Burma dan Buddha yang mayoritas etnisnya sendiri, tidak dapat dibayangkan bagaimana orang-orang yang berseragam jenderal ini memulihkan rasa hormat dan kredibilitas dari warga Myanmar. Mereka merasa tentara Mynmar yang telah hilang melalui tindakannya. Ini seperti yang didesak bersama oleh kepala pertahanan nasional dari 12 negara.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement