Jumat 02 Apr 2021 22:10 WIB

Otoritas Ulama Mesir: Jangan Ikuti April Mop

Dar Al-Ifta Mesir: Jangan Ikuti April Mop

April Mop (ilustrasi)
Foto: google.com
April Mop (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Dar Al-Ifta Mesir atau otoritas utama Mesir tentang fatwa agama Islam, memberikan pemaparan terkait hari April Mop yang biasa dilakukan pada 1 April. Di hari ini, orang-orang dianggap boleh berbohong sebagia suatu lelucon yang telah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang.

Dar Al-Ifta Mesir memperingatkan kepada setiap Muslim untuk tidak berpartisipasi dalam hari April Mop itu. Lembaga tersebut juga menekankan bahwa berbohong dilarang oleh syariat Islam. Dan ini adalah salah satu tanda munafik.

Lembaga itu juga menegaskan, "Seorang Muslim bukanlah pembohong, meskipun itu adalah lelucon. Berbohong disepakati larangannya, dan tidak ada yang meragukan keburukannya."

Fatwa tersebut menjelaskan bahwa bukti kesyariahan untuk itu pun cukup banyak. Di antaranya adalah apa yang Bukhari dan Muslim riwayatkan dalam kitab Shahih keduanya.

Dalam hadits Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Di antara tanda-tanda munafik ada tiga. Jika dia berbicara, berbohong. Jika dia berjanji, maka dia melanggar. Dan jika dia diberi amanah, ia berkhianat."

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement