Sabtu 03 Apr 2021 16:33 WIB
 Ridwan Kamil perintahkan ibu-ibu belanja produk UMKM  

Suami Protes, Rindwan Kamil: Ini Perintah Gubernur

Warga Jabar bisa berpartisipasi dalam 100 acara terkait Kampanye Gernas BBI Jabar.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan pidato pembuka saat peresmian kampanye Gerakan Indonesia Bersama UMKM dan ajang Gernas Bangga Buatan Indonesia di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/4/2021). Kampanye Gernas Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang berlangsung pada bulan April 2021 di Jawa Barat ini mengangkat tema UKM Jabar Paten.
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan pidato pembuka saat peresmian kampanye Gerakan Indonesia Bersama UMKM dan ajang Gernas Bangga Buatan Indonesia di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/4/2021). Kampanye Gernas Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang berlangsung pada bulan April 2021 di Jawa Barat ini mengangkat tema UKM Jabar Paten.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memerintah ibu-ibu yang ada di wilayah Jabar untuk membeli produk-produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebagai bentuk dukungan dalam kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Bernas BBI).

"Saya perintahkan ibu-ibu se-Jabar untuk membeli produk-produk UMKM. Jadi kalau ada suaminya protes bilang saja, ini perintah Gubernur Jawa Barat," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil saat memberikan sambutan pada acara Karya Kreatif Jabar 2021 dan Pekan Kerajinan Jabar "UKM Jabar Paten" dalam rangka Kampanye Gernas BBI bersama Menteri KUKM RI di Kota Bandung, Sabtu (3/4).

Emil juga mengajak, seluruh warga Jawa Barat untuk mengunggah satu produk UMKM di akun media sosial setiap harinya selama Kampanye Gernas BBI di wilayah Jabar sepanjang April 2021. "Tolong bantu posting satu produk UMKM per harinya selama satu bulan ini di medsos seperti IG sebagai bentuk dukungan kita dalam Kampanye Gernas BBI di Jabar," katanya.

Menurut Emil, warga Jabar bisa berpartisipasi dalam 100 acara terkait Kampanye Gernas BBI di Jawa Barat. "Ada 100 acara dan kita ini menjadi yang paling produktif dalam menyelenggarakan acara ini," katanya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jabar Herawanto mengatakan, semua pihak ikut bergerak dan berkolaborasi untuk membangkitkan UMKM di Jabar. “Bulan April ini, kolaborasi di Jabar sangat luar biasa. 27 kabupaten/kota bergerak, kemudian kantor kami di tiga titik juga ikut berpartisipasi, dan juga Dekranasda. Jadi event ini sebulan penuh, nanti insya Allah ada showcase pembelian oleh perbankan kepada UMKM,” paparnya. 

Herawanto mengatakan, pada April 2021, pihaknya bekerja sama dengan Dekranasda Provinsi Jabar akan menggelar Karya Kreatif Jawa Barat (KKJB) sebagai bagian yang tak terpisahkan dari Gernas BBI.

“Pokoknya bulan April ini milik sepenuhnya Provinsi Jabar dalam mendorong kemajuan UMKM, karena kami bersama Dekranasda menyelenggarakan KKJB sebagai bagian tak terpisahkan gerakan nasional BBI," katanya. 

Untuk diketahui, Opening Ceremony Gernas BBI dan BWI Jawa Barat akan dilaksanakan pada Sabtu, 3 April 2021, pukul 09.00 WIB secara hybrid. Pelaksanaan Opening Ceremony secara live, bertempat di Trans Convention Centre, Bandung. 

Kegiatan juga dapat diikuti secara online, yaitu melalui live streaming pada kanal media sosial Bank Indonesia Jawa Barat, Pemprov Jabar, Dekranasda, website www.karyakreatifjawabarat.com dan beberapa media partner yang telah ditunjuk.

Showcasing digelar selama 3 (tiga) hari, mulai tanggal 2 sampau 4 April 2021. Pelaksanaan showcasing digelar di Atrium Trans Studio Mall – Bandung. 

Setelah kegiatan showcasing di Trans Studio Mall – Bandung selesai, promosi, penjualan termasuk transaksi produk UMKM Jawa Barat tetap dapat dilakukan melalui website www.karyakreatifjawabarat.com, kerabat store, e-marketplace borongdong.id, shopee dan blibli.com, https//bicef.id, serta www.pagelarankreasipriangantimur.com. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement