Senin 05 Apr 2021 11:39 WIB

Saudi Selenggarakan Pameran Seni Bagi Anak Autis

Saudi meluncurkan pameran seni pertamanya untuk anak autis.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Wakil Menteri Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial Saudi, Majid Al-Ghanmi
Foto: Arab News
Wakil Menteri Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial Saudi, Majid Al-Ghanmi

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Kerajaan Saudi meluncurkan pameran seni pertamanya untuk anak autis. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari kampanye bulan ini, untuk meningkatkan kesadaran tentang Autism Spectrum Disorder (ASD) atau autisme.

Wakil Menteri Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial Saudi, Majid Al-Ghanmi, yang juga merupakan ketua dewan direksi Autism Center of Excellence (ACE), meluncurkan acara tersebut.

Dilansir di Arab News, Senin (5/4), pameran tersebut merupakan hasil kerjasama ACE dengan Sekolah Tinggi Seni dan Desain di Princess Nourah binti Universitas Abdulrahman. Tujuan kerja sama ini untuk membekali anak-anak autis dengan keterampilan artistik baru.

Bulan April didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran tentang ASD. Karena itu, ACE berupaya meluncurkan beberapa acara termasuk Konferensi Kesadaran Autisme April, bekerja sama dengan Pusat Penelitian Autisme.

Anak-anak yang menderita autisme juga akan dibawa ke bioskop, kebun binatang, serta pusat hiburan.

Menteri Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial (MHRSD) Saudi, Ahmed Al-Rajhi, mengatakan Kerajaan Saudi mendukung proyek dan program global yang berupaya meningkatkan kesadaran tentang ASD dan memberdayakan anak-anak dan orang dewasa autis.

"Kami yakin masa depan cerah bagi masyarakat yang didukung dan diberdayakan,” ujarnya.

Autism Center of Excellence (ACE) merupakan sebuah lembaga baru yang didedikasikan untuk membantu komunitas berkebutuhan khusus Saudi. Lembaga ini juga memfasilitasi mereka yang ingin meningkatkan kesadaran tentang pentingnya inklusivitas di tingkat komunitas, melalui layanan dan program mereka.

ACE memiliki misi melayani individu dengan gangguan autisme dan memberi mereka alat yang dibutuhkan untuk berintegrasi dalam masyarakat. Koordinasi dengan keluarga juga dilakukan untuk membantu mencapai hal ini.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement