Senin 05 Apr 2021 16:39 WIB

Berkunjung ke Sumbar, Mendag Cek Pasar Bawah Bukittinggi

Mendag Lutfi mengecek stok sembako jelang Ramadhan di wilayah Sumatra Barat.

Rep: Febrian Fachri / Red: Friska Yolandha
Menteri Perdagangan M Lutfi berkunjung ke Sumatra Barat
Foto: Republika/Febrian Fachri
Menteri Perdagangan M Lutfi berkunjung ke Sumatra Barat

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Menteri Perdagangan RI M Lutfi sore ini, Senin (5/4) berkunjung ke Sumatra Barat. Usai mendarat di Bandara Internasional Minangkabau, Lutfi bersama Anggota DPR RI dari Sumbar Andre Rosiade langsung bertolak ke Kota Bukittinggi. Ia akan melakukan pengecekan Pasar Bawah Bukittinggi yang merupakan salah satu pasar sentral Sumbar tersebut.

“Saya ingin mengecek Pasar Bawah Bukittinggi. Melihat apa yang perlu diperbaiki. Supaya bisa lebih nyaman antara pedagang dan pembeli,” kata Lutfi. 

Baca Juga

Selain ke Pasar Bawah Bukittinggi, Lutfi juga akan mengecek pasar di Pariaman dan Kota Padang. Besok, Selasa (6/4) Lutfi turut mendampingi Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meresmikan Pasar di Kota Pariaman.

Dalam kunjungan kerja ini, Lutfi ingin memastikan stok sembako seperti beras, gula, garam dan lain-lain aman di Sumbar. Terlebih dalam waktu dekat akan memasuki bulan suci Ramadhan.

“Kita harap pasar-pasar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat terlebih selama Ramadhan dan Idul Fitri,” ujar Lutfi.

Selain itu, Lutfi juga melihat Sumbar punya potensi yang dapat diperdagangkan di pasar internasional. Salah satu komoditas yang menjadi primadona dari Sumbar menurut dia adalah manggis. Lutfi menyebut Sumbar sudah melakukan terobosan bekerja sama dengan Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia mengangkut produk ekspor pertanian dari Padang, berupa 33 ton komoditas buah manggis ke Guangzhou, China pada Februari 2021 lalu. Bila dikelola dengan tepat, Lutfi meyakini manggis akan jadi komoditi yang dapat meningkatkan devisa negara dari Sumbar. Seperti halnya Batubara dari Sawahlunto yang menjadi kebanggaan sektor ekspor Indonesia di masa lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement